Tips Agar Kita Bisa Mendapatkan Beasiswa

Home / Info Beasiswa / Tips Agar Kita Bisa Mendapatkan Beasiswa

Halo, sobat Beasiswa.ID ! Kita hadir lagi untuk kalian semua. Tetap dalam tema perkuliahan, sekarang kita akan membahas bagaimana caranya agar dapat beasiswa bagi kamu yang sedang melanjutkan studi di PTS atau PTN. Tapi, sebelum kita membahas tips tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui macam-macam beasiswa itu. Dalam dunia pendidikan ada 3 macam beasiswa, yang pertama ‘beasiswa dari universitas’, lalu dari ‘pemerintah’, dan dari ‘perusahaan swasta’.

Beasiswa dari univesitas sendiri didapatakan setelah kita terdaftar sebagai mahasiswa di PT tersebut. Biasanya kita dapatkan saat awal-awal semester. Caranya, kita lihat nilai kita apakah sudah memenuhi sarat dari PT untuk mendapatkan beasiswa tersebut, jika sudah langsung saja tanya ke bagian Tata Usaha dari PT tersebut.

Untuk beasiswa dari pemerintah jenisnya lebih spesifik. Beasiswa ini bisa didapatkan dengan melihat prestasi personal atau kebutuhan penerima, misalkan kita mempunyai prestasi dalam bidang olahraga, kita bisa mengajukan beasiswa tersebut ke pemerintah karena kita sudah ikut mengharumkan nama dari daerah atau bahkan negeri tercinta ini. Sedangkan, jika dilihat dari kebutuhan calon penerima beasiswa bisa karena calon penerima mempunyai kekurangan fisik, atau karena terdapat di daerah terpencil, namun kebanyakan calon penerima beralasan kekurangan dana, atau benar-benar tidak mampu secara finansial namun unggul dalam hal akademis.

Sedangkan untuk beasiswa yang berasal dari pemerintah swasta, kita bisa tanyakan ke orang tua apakah di tempat mereka bekerja terdapat beasiswa untuk keluarga karyawan. Jika ada, maka tidak ada salahnya kita meminta kepada orang tua untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa. Tapi, semua itu juga harus dibarengi dengan kemampuan akademis masing-masing personal.

Oke, sekarang kita mulai masuk kepada ‘tips agar kita bisa mendapatkan beasisswa’ tersebut, terutama bagi yang sudah menjalani masa perkuliahan terlebih untuk yang semester awal.

Seringlah berkomunikasi dengan pegawai TU di institusi kampus dan pemerintahan
Tips pertama: Lihat peluang yang ada
Bagi kamu yang sudah menjadi mahasiswa di PT mana saja, kamu harus dengan jeli memperhatikan peluang-peluang yang ada, dengan cara rajin-rajinlah mengunjungi TU untuk bertanya apakah ada beasiswa bagi mahasiswa di kampus tersebut. Jika ada, manfaatkan peluang tersebut, jika tidak ada maka sobat sekalian bisa mencari di luar kampus, bisa dari pemerintah atau perusahaan swasta tempat orang tua sobat bekerja. Jika kamu mendapat kabar beasiswa dari pemerintah, maka kamu harus segera mendaftarkan sebagai calon penerima beasiswa tersebut, dengan memperhatikan kemampuan atau prestasi yang kamu punya.
Kemampuan kamu bisa dari segi olahraga atau dari segi akademik. Contohnya, kamu menjadi atlet nasional dalam bidang olahraga, maka itulah prestasimu. Jika pernah mewakili daerah atau negara dalam lomba akademi, maka itu peluang yang kamu punya. Jadi, kita harus benar-benar melihat peluang yang ada.
Rajin belajar ya kawan!

Tips kedua: Rajin belajar
Yups, yang satu ini adalah modal utama untuk medapatkan beasiswa. Rajinlah belajar, maka kesempatan yang sobat punya semakin besar. Terutama untuk sobat yang sudah berkuliah di PT yang menyediakan beasiswa. Bagaimana mungkin kamu akan mendapatkan beasiswa apabila nilaimu tidak memenuhi persyaratan. Bukan hanya nilai yang menjadi sarat untuk mendapat beasiswa, namun dari segi extrakulikulerpun sobat bisa mengajukan ke universitas untuk mendapatkan beasiswa. Intinya, kamu harus rajin belajar, bukan hanya dari segi akademik tapi bisa dari segi extrakulikuler.

Rajin membuka informasi beasiswa

Tips ketiga: Rajin buka info beasiswa di website
Yang satu ini bukan syarat mutlak, tapi bisa membantu kamu untuk mencari kabar beasiswa tersebut, terutama beasiswa dari pemerintah Indonesia yang tercinta ini. Banyak orang atau pelajar yang kurang mengetahui kabar beasiswa karena kurang sosialisasi dari pemerintah dan lebih sering disebarkan melalui dunia maya. Misalnya teman-teman bisa membuka info beasiswa dari situs www.beasiswa.id karena disitu banyak sekali info beasiswa yang bisa diperoleh, kalian juga bisa berlangganan info beasiswa di bagian bawah situs beasiswa.id dengan cara memasukkan email kalian. Di Beasiswa.ID juga menyediakan tayangan live streaming juga lho! Sehingga kalian bisa langsung bertanya kepada peraih beasiswa. So, gampang bukan?

Oke guys. Bagaimana? Sudah ada pencerahan bagaimana cara mendapatkan beasiswa? Jika sudah, silahkan lakukan langkah-langkah selanjutnya dan semoga berhasil!

Simak juga video tips raih beasiswa berikut:

Komentar