Beasiswa Pelatihan ke Amerika dari WRI Indonesia

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Pelatihan ke Amerika dari WRI Indonesia

Dapatkan kesempatan memperoleh beasiswa pelatihan ke Washington DC, Amerika Serikat yang diselengggarakan oleh World Resource Institute (WRI) Indonesia dengan cara mengirimkan esai. Indonesian Young Thought-Leaders on Environment 2017 adalah program pelatihan yang mentransformasikan individu dengan pengetahuan, keahlian, dan passion menjadi agen perubahan. Agen tersebut melindung lingkungan dan meningkatkan kehidupan.

Bekerja sama dengan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), program tersebut didirikan sejak tahun 2015. Pada tahun ini, lomba esai terbuka bagi mahasiswa tahun terakhir sarjana dan master, atau fresh graduate. Kompetisi disertai dengan pelatihan kepemimpinan dan magang di kantor WRI Jakarta dan Washington DC.

Pra-Syarat

Peserta lomba esai ini harus memenuhi kriteria berikut.

  • Mahasiswa tahun terakhir sarjana atau master, atau fresh graduate (satu tahun sejak lulus), dari seluruh bidang studi.
  • Lahir tahun 1993 atau kemudian.
  • Warga Negara Indonesia dan tinggal di Indonesia.
  • Dapat hadir ke Jakarta untuk program Thought-Leader Camp sebagai bagian dari proses seleksi (hanya untuk 20 besar).

Hadiah

Peserta 20 besar akan diundang ke Thought-Leadership Camp di Jakarta untuk pelatihan. Kemudian diseleksi hingga 3 besar yang akan berhak atas program magang di WRI Indonesia. Pemenang lomba ini akan berangkat ke WRI Washington DC selama satu bulan untuk menjalani program magang. Seluruh biasa terkait kegiatan tersebut ditanggung oleh WRI Indonesia.

Kriteria Esai

Sebelumnya, pelajari latar belakang program esai di Indonesian Young Thought-Leaders on Environment 2017.

Indonesian Young Thought-Leaders on Environment 2017 memanggil anak muda Indonesia yang memiliki passion untuk berpikir tentang inovasi crowdsourcing yang dapat membantu menyelesaikan isu lingkungan – baik dalam ilklim, hutan, energy atau kota. Ambillah salah satu dari empat topik tersebut yang paling Anda minati.

Baca Juga :  Motivation Statement Tidak Perlu Muluk, Caranya?

Dalam esai, Anda harus mengidentifikasi masalah yang mendesak dan munculkan dengan inovasi crowdsourcing untuk menyelesaikannya. Argumentasikan juga pro kontra inovasi tersebut.

Kriteria yang dicari ialah esai yang kreatif, menggugah pikiran (thought-provoking), dan didasari data-data. Kandidat harus bebas dan out of the box, namun perlu dijustifikasi dengan argumen yang kuat. Peserta bisa memakai grafik dan pie chart dalam esainya.

Kriteria esai:

  • Esai maksimal 1.500 kata.
  • Esai ditulis dalam bahasa Inggris.
  • Dikerjakan secara individu, bukan berkelompok.
  • Semua sumber harus dikutip dan dirujuk pada bagian yang berkaitan dengan esai.

Proses Pendaftaran

Kirimkan esai, scan kopian KTP dan KTM, ke:

indonesiaoffice@wri.org

Pengiriman paling lambat tanggal 31 Maret 2017 pukul 23:59 WIB.

Info di halaman ini hanya ringkasan, pelajari informasi selengkapnya di Indonesian Young Thought-Leaders on Environment 2017.

Komentar