Beasiswa Penuh S2 dan Sertifikasi Profesional dari Rotary Foundation

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Penuh S2 dan Sertifikasi Profesional dari Rotary Foundation

Beasiswa penuh S2 dan sertifikasi profesional ditawarkan Rotary Foundation lewat program Rotary Peace Fellowships. Program tersebut mendukung salah satu misi pemberdayaan, pendidikan, dan peningkatan kapasitas aktivis perdamaian (peacebuilders) melalui pelatihan akademik, praktik, dan jaringan global.

Penerima beasiswa ini akan meningkatkan kemampuan yang diperlukan pemimpin dan pendorong perdamaian serta resolusi konflik. Tunjangan finansial tersebut ditujukan bagi yang berkarir di bidang hubungan internasional, perdamaian, dan resolusi konflik serta memiliki pengalaman kerja di bidang tersebut.

Ada dua jenis beasiswa yang ditawarkan, yaitu beasiswa master dan program sertifikasi pengembangan profesional. Beasiswa penuh S2 bertujuan untuk membangunan pemimpin masa depan. Beasiswa sertifikasi bertujuan untuk memperkuat para pemimpin masa kini.

Mitra Rotary Peace Fellowships (Rotary Peace Centers) untuk program master, yaitu:

Tidak semua program master di universitas tersebut berlaku untuk program Rotary Peace Fellowships. Untuk mengetahui spesifikasi program yang tersedia, klik pada masing-masing universitas mitra.

Program sertifikasi pengembangan profesional di Chulalongkorn University, Bangkok, Thailand selama 3 bulan. Program berkaitan dengan bidang perdamaian serta pencegahan dan resolusi konflik.

Penerima beasiswa (fellows) harus memulai studi mereka pada Juli, Agustus, atau September 2018 (Northern Hemisphere) dan Februari atau Maret 2019 (Southern Hemispehere) untuk program S2. Sertifikasi profesional dimulai pada Januari atau Juni 2018.

Cakupan dan Nilai Beasiswa

Beasiswa penuh S2 dan sertifikasi profesional pada program ini meliputi biaya pendidikan (tuition fees), tempat tinggal, transportasi pulang-pergi, magang, dan biaya studi lapangan. Biaya kuliah master akan diberikan selama masa studi normal. Akan ada praktik lapangan (magang) selama 2 – 3 bulan. Penerima beasiswa penuh S2 maksimal 50 orang dimana kuota setiap Rotary Peace Center mencapai 10 orang.

Baca Juga :  Beasiswa Bappenas Linkage Australia untuk S2 Bagi PNS Deadline 10 Februari 2017

Biaya sertifikasi pengembangan profesional akan diberikan kepada maksimal 50 kandidat terpilih. Penerima per sesi (Januari – April atau Juni – Agustus) mencapai 25 orang.  Durasi pemberian beasiswa selama 3 bulan dimana akan ada studi lapangan selama 2 – 3 minggu.

Kriteria Penerimaan

Pelamar beasiswa penuh S2 harus memenuhi kriteria dasar berikut.

  • Memiliki gelar sarjana.
  • Pengalaman kerja atau relawan penuh waktu minimal 3 tahun di bidang yang berkaitan.
  • Memiliki kecakapan bahasa Inggris sesuai standar masing-masing universitas, lihat di Pedoman Aplikasi RPF, dibuktikan dengan hasil tes TOEFL berkisar antara 79 – 90 (internet-based) dan 550 – 577 (paper-based), atau IELTS antara 6 – 7. Untuk studi di International Christian University ada syarat kemampuan bahasa Jepang.
  • Berkomitmen kuat terhadap perdamaian dan international understanding yang ditunjukkan lewat profesi, pencapaian akademik, dan pelayanan masyarakat atau personal.
  • Memiliki kemampuan kepemimpinan yang istimewa.

Pelamar program sertifikasi pengembangan profesional harus memenuhi kriteria berikut.

  • Memiliki latar belakang akademik yang kuat.
  • Pengalaman kerja atau kerja sosial (relawan) penuh waktu minimal 5 tahun.
  • Memiliki kecakapan dalam bahasa Inggris.
  • Berkomitmen kuat terhadap perdamaian dan international understanding yang ditunjukkan lewat profesi, pencapaian akademik dan personal, serta kegiatan pelayanan masyarakat.
  • Memiliki kemampuan kepemimpinan yang istimewa.

Berkas Pendaftaran

Seluruh berkas untuk melamar Rotary Peace Fellowships dan dokumen pendukungnya harus dalam bahasa Inggris, meskipun distrik Rotary meminta berkas dalam bahasa lokalnya. Pelamar harus mencari sendiri spesifikasi syarat pendaftaran ke universitas yang dituju pada website universitas. Berikut berkas pendaftaran Rotary Peace Fellowships.

  • Resume atau Curriculum Vitae
  • Dua buah Surat Rekomendasi yang menjelaskan kualitas akademik, profesioanl, atau aktivitas pelayanan/kerja sosial (relawan), dan pencaaian pelamar.
  • Transkrip Akademik (hanya untuk pelamar S2). Pelamar diharapkan tidak mengirim kopian Ijazah. Dokumen diterjemahkan dalam bahasa Inggris oleh penerjemah resmi.
  • Hasil tes TOEFL/IELTS (untuk pelamar S2), kecuali lulusan S1 yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar utama. Bagi yang sudah registrasi tes tersebut, tapi belum tes sampai 31 Mei, bisa mengirimkan bukti registrasi dalam berkas pendaftarannya. Namun, peserta harus mengirim hasil tes maksimal 1 September 2017.
  • Hasil Graduate Require Examination (GRE), khusus bagi yang ingin kuliah di University of North Carolina. Standar skor lihat pada program studi yang tersedia.
  • Esai beasiswa sesuai dengan kriteria yang disebutkan dalam Pedoman Aplikasi RPF.

Proses Pendaftaran

Pelamar harus mengirimkan seluruh berkas ke distrik Rotary. Klub Rotary terdekat dapat membantu pelamar agar terhubung dengan distrik Rotary. Pelamar harus menghubungi klub/distrik Rotary sebelum mengurus berkas pendaftaran.

Gunakan Rotary Club Finder untuk mencari yang terdekat. Jika ada kesulitan menemukan klub/distrik tersebut, hubungi lewat email rotarypeacecenters@rotary.org sebelum 30 April 2017.

Pelamar harus mendapat endorsement dari distrik Rotary. Klub/distrik Rotary tersebut akan mewawancarai pelamar.

Seluruh berkas harus dikirimkan ke distrik Rotary yang dipilih paling lambat 31 Mei 2017. Mohon pelajari informasi selengkapnya di website sumber: Rotary Peace Fellowships dan Pedoman Aplikasi RPF.

Komentar