Beasiswa S1 di Jepang dari MEXT

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S1 di Jepang dari MEXT

Hai sobat Beasiswa.ID yang saat ini sudah merayakan kelulusan SMA ! Ini ada info kece buat kamu yang ingin kuliah ke Jepang. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT) menawarkan beasiswa S1 di Jepang kepada pelamar dari berbagai negara yang ingin belajar di universitas Jepang melalui Program Beasiswa Pemerintah Jepang (MEXT) untuk tahun 2018.

 

Bidang studi: 

Pelamar bisa memilih jurusan utama dari dua bidang utama:
(1) Social Sciences and Humanities and
(2) Natural Sciences.

Jumlah Beasiswa:

Beasiswa tersebut meliputi biaya kuliah dan biaya lainnya, uang saku sebesar 117.000 yen per bulan, uang saku bulanan tambahan sebesar 2.000 atau 3.000 yen dapat diberikan kepada mereka yang melakukan studi atau penelitian di wilayah yang ditunjuk secara khusus, dan biaya perjalanan ke dan dari Jepang. Silakan merujuk ke situs resmi untuk mendapatkan keuntungan beasiswa penuh.

Masa beasiswa akan berlangsung selama lima tahun mulai April 2018 sampai Maret 2023, termasuk pendidikan persiapan satu tahun dalam bahasa Jepang dan mata pelajaran lain yang akan diberikan pada saat kedatangan di Jepang.

Persyaratan:

(1) Pelamar harus memiliki kewarganegaraan suatu negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Jepang, seperti Indonesia. Pemohon dengan kewarganegaraan ganda yang memiliki kewarganegaraan Jepang dan tempat tinggalnya pada saat aplikasi berada di luar Jepang berhak mengajukan permohonan selama mereka memilih kewarganegaraan negara asing dan melepaskan kewarganegaraan Jepang sampai tanggal tiba di jepang. Screening pemohon akan dilakukan di urusan diplomatik (kedutaan) Jepang di negara pemohon.

(2) Usia: Pelamar lahir antara tanggal 2 April 1996 dan 1 April 2001.

(3) Latar Belakang Akademik: Pelamar harus memenuhi salah satu dari kondisi berikut:

Harus menyelesaikan 12 tahun pendidikan sekolah, atau diharapkan untuk menyelesaikan pendidikan tersebut pada bulan Maret 2018. (Namun, bagi pemohon yang ingin mendaftar dari musim gugur melalui penempatan langsung, pemohon harus diharapkan menyelesaikan 12 tahun pendidikan sekolah pada bulan Agustus 2018.)
Harus menyelesaikan kursus pendidikan di sekolah yang setara dengan sekolah menengah atas, atau diharapkan menyelesaikan kursus pada tahun 2018. (Namun, mereka yang menginginkan penempatan langsung tidak disertakan.)
Selain kualifikasi 1 dan 2 di atas, harus memiliki kualifikasi yang dianggap sesuai untuk pendaftaran di universitas Jepang pada saat pendaftaran.

(4) Bahasa Jepang: Pelamar harus mau belajar bahasa Jepang. Pelamar harus tertarik pada Jepang dan bersedia memperdalam pemahaman mereka tentang Jepang setelah tiba di Jepang. Selain itu, pada prinsipnya, pelamar harus rela melakukan studi akademis mereka di Jepang dalam bahasa Jepang.

(5) Kesehatan: Pelamar harus menyerahkan sertifikat kesehatan dengan format yang ditentukan yang ditandatangani oleh dokter yang membuktikan bahwa pemohon tidak memiliki kondisi fisik atau mental yang menghalangi studi pemohon di Jepang.

(7) Kedatangan di Jepang: Pelamar harus bisa tiba di Jepang antara tanggal 1 dan 7 April 2018. Jika pemohon mendaftarkan diri di universitasnya dari semester musim gugur melalui penempatan langsung, maka harus tiba di Jepang pada tanggal yang ditentukan oleh universitas penerima.

(7) Persyaratan Visa: Pemohon akan menerima visa pelajar, sebagaimana ditetapkan dalam Lampiran 1 (4) dari Undang-undang Imigrasi, dan masukkan ke Jepang dengan status kependudukan pelajar.

Silakan merujuk ke situs resmi untuk melengkapi kriteria dan persyaratan beasiswa, klk di sini.

Petunjuk Aplikasi:

Pelamar harus menyerahkan dokumen yang dipersyaratkan ke misi diplomatik Jepang di negara pemohon dengan tenggat waktu yang disyaratkan. Karena proses aplikasi berbeda menurut negara tempat kedutaan Jepang berada, silakan bertanya di kedutaan besar Jepang atau konsulat jenderal di negara Anda untuk rinciannya. Batas waktu aplikasi berbeda bervariasi per negara.

Penting untuk membaca untuk mengunjungi situs resmi (di sini) untuk informasi rinci tentang bagaimana mengajukan permohonan untuk beasiswa ini.

Komentar