Beasiswa S2 di ISS University of Oslo, Norwegia

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 di ISS University of Oslo, Norwegia

Pada umumnya beasiswa S2 yang tersedia ditujukan bagi pelamar yang ingin mengambil program S2 penuh waktu. Pelamar mendapatkan beasiswa selama durasi program tersebut. Satu atau dua tahun. International Summer School (ISS), University of Oslo, Norwegia menawarkan hal berbeda. Yakni beasiswa S2 untuk satu mata kuliah saja. Jadi, sasarannya adalah mahasiswa yang tengah mengambil S2 di luar negeri – semisal dari Indonesia – untuk mengikuti salah satu mata kuliah yang disediakan ISS dengan didanai beasiswa.

Selain mengikuti perkuliahan untuk satu mata kuliah, penerima beasiswa nantinya juga akan mengikuti kegiatan-kegiatan kunjungan dan acara, serta program-program sosial. Durasi beasiswa ini akan berlangsung selama enam minggu.

Beasiswa ISS University of Oslo ini meliputi biaya dasar, seperti biaya partisipasi di kelas, asuransi kesehatan, kegiatan ekstrakurikuler, serta kunjungan akhir pekan. Selain itu tersedia tempat tinggal di asrama kampus. Kemudian diberikan buku-buku materi kuliah saat kedatangan, biaya tambahan untuk kunjungan lapangan pada materi kuliah tertentu, dan terakhir kartu transportasi Oslo yang belaku selama 45 hari dan bisa dipergunakan untuk perjalanan lokal di Oslo.

Selain itu pelamar juga memungkinkan untuk memperoleh hibah perjalanan berupa tiket pesawat pp dari negara asal ke Oslo. Salah satu prioritasnya adalah pelamar dari negara Asia. Yang perlu dipahami, beasiswa S2 ISS di University of Norwegia tidak mencakup uang saku, biaya perjalanan, biaya visa, serta biaya kebutuhan pribadi lainnya.

Ada 50 beasiswa full yang disediakan untuk periode ini. Sebagiannya lagi adalah beasiswa parsial.

Persyaratan:
1. Memiliki prestasi akademik yang bagus
2. Latarbelakang akademik relevan dengan perkuliahan yang dilamar
3. Latarbelakang profesional relevan dengan perkuliahan yang dilamar
4. Lulus sarjana
5. Mahir berbahasa Inggris (skor IELTS 6.5, TOEFL iBT 90, atau TOEFL PBT 550)

Dokumen aplikasi:
1. Copy paspor atau KTP
2. Sertifikat mahir bahasa Inggris (IELTS/TOEFL)
3. Copy ijazah dan transkrip SLTA dan S1
4. Statement of Purpose (maksimum 400 kata)
5. Letter of Recommendation
6. Formulir beasiswa ISS (Unduh)
7. CV/resume

Pendaftaran:
Siapkan semua dokumen aplikasi yang diperlukan. Jika ada dokumen yang perlu diterjemahkan ke bahasa Inggris, silakan diterjemahkan secara resmi terlebih dahulu, misal ijazah dan transkrip. Kemudian sertakan juga terjemahannya tersebut.

Selanjutnya, scan semua dokumen aplikasi dan buat dalam format PDF. Namai file sesuai dengan dokumennya. Misalnya: Passport, English, CV, dll.

Pendaftaran dilakukan secara online di laman International Summer School. Buat akun terlebih dahulu. Silakan pilih tab “International Applicants“. Silakan diisi lengkap. Kemudian konfirmasi di email yang didaftarkan.

Pelamar nantinya akan dikirimkan password untuk bisa masuk ke sistem pendaftaran via email. Setelah itu, unggah semua dokumen aplikasi yang diminta di atas.

Pendaftaran tersebut juga sudah mencakup untuk beasiswa dan ke program master ISS University of Oslo. Paling lambat pendaftaran dan pengajuan aplikasi adalah 1 Februari 2017. Hasil seleksi beasiswa akan diumumkan pada 15 April 2017. Selamat mencoba!

Komentar