Beasiswa Studi Singkat ke Eropa untuk Mahasiswa S2 dari EM LEADERS

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Studi Singkat ke Eropa untuk Mahasiswa S2 dari EM LEADERS

Siapa yang tak kenal program beasiswa Erasmus Mundus? Beasiswa yang digagas oleh sejumlah negara Uni Eropa ini ditawarkan ke sejumlah negara, seperti Asia, termasuk Indonesia. Beasiswa Erasmus Mundus memiliki banyak pilihan yang dikelola konsorsium-konsorsium. Umumnya satu konsorsium melibatkan beberapa universitas/institusi dari beberapa negara untuk selanjutnya ditawarkan kepada pelamar yang berminat.

Salah satu beasiswa Erasmus Mundus yang sedang dibuka adalah Erasmus Mundus LEADERS (EM LEADERS). Beasiswa EM LEADERS adalah program mobility yang bertujuan memberi kesempatan bagi pelamar yang memenuhi syarat untuk mengikuti studi singkat di sejumlah universitas mitra di Eropa. Khusus Indonesia, beasiswa terbuka untuk program S2 dengan durasi selama enam (6) bulan. Lebih tepatnya beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang berstatus sebagai mahasiswa S2.

Penerima beasiswa EM LEADERS program master akan memperoleh tunjangan bulanan sebesar € 1000 untuk durasi 6 bulan, kemudian biaya perjalanan, biaya asuransi, serta biaya partisipasi kegiatan. Prioritas beasiswa akan diberikan bagi pelamar perempuan. Total ada lima kursi beasiswa yang bisa diperebutkan tahun ini.

Pilihan universitas:
▪ City, University of London (United Kingdom)
▪ Politecnico Di Milano (Italia)
▪ Technische Universtaet Dortmund (Jerman)
▪ Universidade do Porto (Portugal)
▪ University of Limerick (Irlandia)
▪ University of Oradea (Romania)

Persyaratan:    
1. Tidak menetap atau melakukan kegiatan utama (studi, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan sepanjang lima tahun terakhir di salah satu negara Eropa pada saat mengajukan permohonan. Aturan ini tidak berlaku bagi kandidat TG3 (Target Group 3).
2. Belum menerima beasiswa untuk jenis mobility dalam proyek Erasmus Mundus External Cooperation Window atau Erasmus Mundus Action 2-STRAND1 lainnya.
3. Tidak menerima manfaat dari lebih dari satu kegiatan mobilitas dalam proyek yang sama
4. Memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bahasa pengantar perkuliahan dari salah satu bahasa yang digunakan di negara tuan rumah
5. Merupakan warganegara dari negara yang memenuhi syarat (Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, India, Indonesia, Malaysia, Maldives, Philippins, Thailand, China, North Korea)
6. Pelamar adalah kategori Target Group 1 (TG1) atau Target Group 3 (TG3)
▪ Target Group 1 (TG1) adalah mahasiswa yang terdaftar di salah satu universitas mitra (Di Indonesia: Universitas Pelita Harapan) dengan minimal studi sebelumnya 1 tahun atau merupakan staf yang saat ini bekerja/terdaftar di universitas mitra. Pelamar haruslah warganegara dari salah satu negara Asia yang menjadi target proyek (Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, India, Indonesia, Malaysia, Maladewa, Filipina, Thailand, Cina dan Korea Utara).
▪ Target Group 3 (TG3) adalah warganegara dari negara ketiga target proyek yang berada dalam situasi rentan karena alasan sosial atau politik:
√ Calon berstatus pengungsi atau penerima suaka (internasional atau sesuai dengan undang-undang nasional salah satu negara penerima di Eropa)
√ Calon merupakan penduduk pribumi yang menjadi sasaran kebijakan khusus nasional atau orang-orang terlantar
Contoh lain dari kelompok rentan adalah:
√ Orang yang termasuk minoritas nasional
√ Orang yang tinggal di daerah terpencil/pedesaan dengan akses yang sulit terhadap pelayanan publik khususnya pendidikan
√ Korban bencana alam – gempa/longsor
√ Anak yatim

Simak juga » Daftar Pilihan Beasiswa S2 di Dalam dan Luar Negeri

Dokumen aplikasi:
1. Bukti identitas (scan copy paspor atau KTP)
2. Bukti pendaftaran di universitas asal (mitra) untuk TG1 dan dari universitas bukan mitra untuk TG3
1) Bukti yang dapat diterima termasuk copy kartu mahasiswa atau surat keterangan penerimaan dari bagian administrasi universitas. Surat resmi universitas harus ditandatangani dan dicap
3. Transkrip nilai terakhir
4. Persetujuan belajar (yang disahkan oleh universitas asal) (Unduh)
5. Curriculum Vitae (Format Europass)
6. Reference letter
7. Motivation letter
8. Sertifikat kemampuan bahasa (Tergantung institusi tujuan bisa opsional atau wajib)

Pendaftaran:
Pelamar yang memenuhi syarat dan berminat mengajukan beasiswa Erasmus Mundus LEADERS tahun akademik 2017 – 2018 bisa mendaftar secara online di laman EM LEADERS.

Buat akun terlebih dahulu di laman tersebut, kemudian periksa email untuk mengkonfirmasi dan memperoleh informasi log in. Selanjutnya Anda tinggal mengajukan aplikasi online. Dokumen aplikasi dapat discan kemudian dibuat dalam format PDF.

Pendaftaran online diterima paling lambat 13 Maret 2017 pukul 2.00 siang waktu London. Kandidat yang lolos seleksi akan diberitahu via email. Kemudian memilih perkuliahan yang dimulai paling lambat 31 Desember 2017. Selamat mencoba!

Kontak:
Erasmus Mundus LEADERS
City, University of London
Northampton Square
London, EC1V 0HB
United Kigdom
Email: emleaders@city.ac.uk
Web: www.emleaders.eu

Komentar