Hai Sobat Beasiswa.ID! Beasiswa Jardine 2019 kembali ditawarkan bagi pelamar internasional dari negara terpilih (termasuk dari Indonesia) untuk melanjutkan kuliah S1 di dua universitas ternama dunia, yaitu University of Cambridge dan University of Oxford. Beasiswa yang ditawarkan pun bersifat Full Scholarship, artinya telah meliputi seluruh biaya yang dibutuhkan. Tentunya kesempatan ini patut kalian coba.
Jardine Foundation merupakan lembaga pemberi beasiswa yang dibentuk tahun 1982 oleh perusahaan perdagangan terkemuka di China, Jardine Matheson Group. Hingga kini lebih dari 200 pelajar telah mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di Oxford University dan Cambridge University, Inggris. Para penerima beasiswa berasal dari negara-negara tempat Jardine Matheson Group beroperasi, termasuk Cambodia, China, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapore, Thailand, dan Vietnam.
CAKUPAN BEASISWA:
1. Biaya perkuliahan (university tuition fees dan college fees).
2. Tunjangan tahunan meliputi tempat tinggal, makanan, dan biaya insidentil lainnya.
3. Biaya UK Immigration Health Surcharge (dibutuhkan saat pengajuan visa).
4. Tiket pesawat PP kelas ekonomi Indonesia – UK pada awal dan akhir masa beasiswa. University of Cambridge adalah salah satu universitas tertua dan ternama di dunia. Cambridge memiliki 31 colleges dan 150 departments, fakultas, sekolah dan institusi lainnya dengan lebih dari 18.000 mahasiswa. Dalam Beasiswa Jardine, college yang lebih diutamakan untuk dipilih adalah Downing College, Magdalene College, Peterhouse, dan Trinity College. Untuk melihat lebih detail jurusan dan program studi yang ditawarkan pada University of Oxford bisa melihat link berikut: https://www.undergraduate.study.cam.ac.uk/courses. University of Oxford juga merupakan salah satu universitas ternama di dunia. Kampus ini memiliki 38 colleges dan yang lebih diutamakan untuk dipilih dalam Beasiswa Jardine adalah Exeter College, Oriel College, The Queen’s College, Trinity College. Untuk melihat lebih detail jurusan dan program studi yang ditawarkan pada University of Oxford bisa melihat link berikut: https://www.ox.ac.uk/admissions/undergraduate/colleges. Kriteria penilaian seleksi peserta meliputi kualitas kepribadian dan karakter dalam menunjukkan kemampuan kepemimpinan; prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler (termasuk olahraga); keterlibatan dalam masyarakat dan aktivitas lainnya; serta poin lain seperti mampu berkomitmen tinggi untuk terlibat dalam pelaksanaan tugas publik.
Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa?
PERSYARATAN:
1. Telah menyelesaikan SMA/SMK/Sederajat.
2. Merupakan warganegara dari salah satu negara tempat beroperasinya Jardine Matheson Group (termasuk Indonesia).
3. Belum menikah.
4. Sehat jasmani dan rohani.
5. Beasiswa ini tidak dapat digunakan untuk melanjutkan studi di jenjang yang sama (misalnya sudah lulus kuliah S1 di Indonesia, tidak dapat melamar program S1 lagi melalui beasiswa ini).
6. Bagi peserta yang telah mendapatkan beasiswa penuh dari pihak lainnya untuk kuliah di luar negeri juga tidak dapat mendaftar beasiswa ini.
7. Memenuhi persyaratan akademik untuk mendaftar pada salah satu College pilihan Beasiswa Jardine, termasuk: Exeter, Oriel, The Queen’s dan Trinity pada University of Oxford, serta Downing, Magdalene, Peterhouse dan Trinity pada University of Cambridge.
BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:
1. Formulir Pendaftaran (baru tersedia di pertengahan Agustus).
2. 1 (Satu) pernyataan pribadi yang menjelaskan tujuan, aspirasi, dan rencana peserta setelah lulus dan kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti (termasuk olahraga serta keterlibatan dalam masyarakat).
3. 1 (Satu) foto ukuran paspor terbaru (ukuran 4×6, latar belakang putih).
4. Salinan formulir pendaftaran UCAS yang telah dilengkapi.
5. Salinan ijazah SMA/SMK/Sederajat (atau sertifikat IB).
6. Bagi peserta yang belum lulus SMA/sederajat dapat melampirkan dokumen berikut yang telah ditandatangani oleh kepala sekolah: – Hasil akademis yang telah atau akan dicapai (nilai rapor) – Surat keterangan yang akan membantu panitia beasiswa dalam proses penilaian – Informasi relevan lainnya untuk mendukung pendaftaran
7. Bagi peserta yang telah lulus SMA/Sederajat, juga harus menyerahkan surat referensi dari kepala sekolah.
CARA MENDAFTAR:
Khusus untuk mendaftar kuliah S1 di Inggris, peserta harus mendaftarkan diri melalui UCAS (Universities and Colleges Admissions Services), kalau di Indonesia semacam SNMPTN. Silakan baca langkah-langkah pendaftaran UCAS pada link berikut: Cara Mendaftar UCAS. Pastikan juga setelah mendaftar UCAS, peserta memperhatikan persyaratan pendaftaran dari college serta program studi yang dipilih.
Selanjutnya untuk mendaftar Beasiswa Jardine 2019, peserta dapat melengkapi berkas dokumen yang disebutkan di atas dan kirimkan pada alamat berikut:
The Secretaries The Jardine Foundation G.P.O. Box 70 Hong Kong
Pendaftaran baru akan dibuka pertengahan Agustus 2018, sehingga formulir pendaftaran saat ini belum tersedia. Peserta yang lolos seleksi awal akan diumumkan pada pertengahan November 2018. Untuk wawancara pertama akan dilaksanakan di Hong Kong, Kuala Lumpur, London, dan Singapura, peserta dapat memilih salah satu dari tempat tersebut (untuk biaya perjalanan ditanggung peserta). Proses wawancara akhir akan dilaksanakan pada awal Januari 2019 di Hong Kong (untuk biaya perjalanan wawancara akhir ditanggung pihak penyelenggara). Peserta yang tidak diundang untuk mengikuti wawancara sebelum waktu tersebut artinya tidak lolos seleksi beasiswa. Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Jardine untuk Kuliah S1 di Inggris dapat anda buka pada website resminya: www.jardine-foundation.org. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.