Beasiswa S1 di Qatar University, Qatar

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S1 di Qatar University, Qatar

Hai Sobat Beasiswa.ID! Setiap tahunnya pihak Qatar University menawarkan berbagai pilihan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa yang berasal dari luar kawasan Qatar yang sekaligus memberikan residence permit (izin tinggal) selama menempuh studi di Qatar University. Program beasiswa yang ditawarkan oleh Qatar University bagi pelajar dan mahasiswa internasional adalah merupakan beasiswa untuk jenjang S1. Beasiswa ini merupakan salah satu macam program beasiswa di Qatar University yang setiap tahunnya menawarkan sekitar 400 beasiswa. Pemohon bisa merupakan kandidat yang direkomendaskan melalui kedutaan besar negara asalnya atau juga merupakan pemohon yang mendaftarkan diri secara mandiri di University of Qatar. Tidak akan ada pengecualian untuk seleksinya baik itu yang mendaftarkan diri secara mandiri atau yang direkomendasikan melalui kedutaan besar.

Hal-hal yang merupakan keunggulan dari program beasiswa ini antara lain mencakup beberapa hal berikut ini:
1. Biaya kuliah penuh
2. Visa dan residence permit
3. Biaya buku-buku untuk perkuliahan
4. Biaya transportasi pulang-pergi dari Qatar ke negara asal sekali setiap tahun
5. Penyambutan pada saat kedatangan pertama kali di Qatar
6. Akomodasi di asrama universitas dengan fasilitas double room, makan 3 kali sehari, laundry, internet, perpustakaan, lab komputer, gym, kolam renang di asrama putri, aula permainan, serta transportasi dari dan ke universitas dimana informasi-informasi lain mengenai akomodasi bisa dilihat di tautan berikut ini (link).

Persyaratan Beasiswa
Program beasiswa yang ditawarkan oleh Qatar University ini bisa sangat menguntungkan tentunya. Namun perlu diperhatikan juga bahwa ada kondisi-kondisi sebagai syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa ini yaitu antara lain:
1. Mempunyai sertifikat atau ijazah pendidikan menengah (SMA) atau yang setara di Qatar.
2. Mempunyai skor TOEFL internasional minimal 450, kecuali pelajar yang mendaftar di Fakultas Syariah
3. Memenuhi persyaratan masuk untuk kuliah di Qatar University

Selain itu khusus mahasiswa yang sudah menempuh studi di Qatar University dan ingin mengajukan permohonan beasiswa ini juga bisa asalkan memenuhi persyaratan berikut ini:
1. Terdaftar sebagai mahasiswa full-time di Qatar University
2. Sudah mengikuti dan menyelesaikan University Foundation Program
3. Sudah menyelesaikan minimal 24 credit hours di Qatar University
4. Memiliki IPK minimal 2.5 dalam skala 4.0

Selain itu penerima beasiswa ini nantinya harus memastikan bahwa dirinya menyelesaikan minimal 15 credit hours pada setiap semesternya dengan IPK minimal 2.5 dalam skala 4.0 untuk tetap bisa mendapatkan beasiswa tersebut karena beasiswa ini diberikan dengan menggunakan skema tahunan saja bukan skema lamanya studi yang diambil.

Prosedur Pendaftaran
Cara Pendaftaran kuliah S1 di Qatar University dan nantinya bisa mengajukan permohonan pada program beasiswa ini adalah sebagai berikut:
1. Tentukan fakultas yang ingin dituju di laman resmi Qatar University pada tautan berikut ini (link)
2. Perhatikan batas waktu pendaftaran dan siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, salah satunya adalah legalisir dari kedutaan Qatar di Indonesia
3. Pastikan sudah memiliki paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan setelah keberangkatan
4. Untuk TOEFL/IELTS memang ada juga fakultas yang memang mensyaratkannya, oleh karena itu cermati dahulu persyaratan dari fakultas yang sudah dipilih tadi
5. Lengkapi formulir pendaftaran secara online pada tautan berikut (link) dengan sebelumnya login terlebih dahulu
6. Melakukan transfer uang sejumlah 200 QAR ke bagian pendaftaran atau admission
7. Kirimkan kelengkapan dokumen atau berkas asli yang menjadi persyaratan ke Qatar University yaitu di alamat berikut:

Undergraduate Admission 
      Admission Department
      PO Box 2713
      Doha, Qatar

8. Selalu cek secara online status berkas dan penerimaan secara online pada laman resmi Qatar University karena disana akan selalu ditampilkan perkembangan beasiswa yang telah diajukan

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran beasiswa ini khusus untuk calon mahasiswa baru bisa dilihat pada tautan berikut ini (link).

Kontak dan Informasi
Informasi lebih lanjut baik mengenai beasiswa maupun mengenai Qatar University bisa didapatkan dengan mengunjungi laman berikut (link) atau (link). Selain itu bisa juga dengan mengirimkan email ke alamat scholarships@qu.edu.qa atau layanan telepon:
Male : +974-4403-3748 / +974-4403-3741
Female : +974-4403-3649