Beasiswa S1 oleh TDV di Turki

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S1 oleh TDV di Turki

Hai sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu yang ingin merasakan kuliah di negeri yang pernah dipimpin oleh kekhalifahan Islam, yuk buruan daftar beasiswa S1 oleh TDV di Turki (Turkiye Diyanet Foundation). Program International Islamic Theology Undergraduate Diyanet Scholarships, ditawarkan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat untuk melanjutkan kuliah S1 di Turki. Tujuan pemberian beasiswa ini adalah untuk menyediakan kesempatan bagi masyarakat Muslim secara global untuk melanjutkan studi di Turki.

Berbeda dengan Beasiswa YTB Turki yang menyediakan berbagai jurusan. Dalam Beasiswa S1 oleh TDV di Turki hanya disediakan satu jurusan saja, yaitu Jurusan Ilahiyat (Islamic Studies) yang melingkupi: Teologi Islam, Tafsir Qur’an, Hadist, Hukum Islam, Tasawuf, Sejarah Islam, dan Ilmu Sosial Umum. Sebelum masa perkuliahan, peserta diwajibkan untuk mengikuti kelas bahasa Turki (TÖMER/ERSEM) terlebih dahulu selama setahun secara gratis.

Pada jurusan Ilahiyat di Turki mayoritas mewajibkan mahasiswanya untuk menguasai bahasa Arab, walaupun bahasa Arab hanya digunakan sekitar 30% dalam proses perkuliahan. Oleh karena itu, bagi pelajar yang berhasil menyelesaikan kelas bahasa Turki akan mengikuti ujian kemampuan bahasa Arab. Dan jika berhasil lulus ujian bahasa Arab, maka akan langsung kuliah (artinya durasi kuliah 4+1 Tahun), namun jika gagal maka diwajibkan mengikuti kelas persiapan bahasa Arab selama satu tahun lagi (artinya durasi kuliah 4+2 Tahun) *Dikutip dari: gazi-institute.id.

Cakupan beasiswa yang diberikan:
1. Gratis biaya perkuliahan hingga lulus termasuk kursus bahasa Turki (TÖMER) dan kursus bahasa Arab.
2. Uang saku senilai 300 TL (± Rp 1juta) per bulan. Serta setiap awal ajaran baru senilai ± 500 TL (± Rp 1,7juta).
3. Tiket pesawat Pulang Pergi Indonesia-Turki setiap tahun (kelebihan beasiswa TDV dibandingkan beasiswa YTB).
4. Tempat tinggal berupa asrama dengan fasilitas makan 3x sehari, dan sebagainya.
5. Asuransi kesehatan.
6. Gratis camp musim panas (berisi tambahan kursus bahasa Turki, bahasa Arab, dan Quran termasuk kegiatan olahraga, renang, dan rekreasi lainnya)
7. Gratis kegiatan ekstrakurikuler (Qur’an, Bahasa Turki, Matematika, Bahasa Arab, Tafsir, Fikih, Hadith, Bahasa Inggris, dll.)

Persyaratan:
1. Bukan merupakan warganegara Turki.
2. Lahir tidak lebih awal dari 1 Januari 1997 atau berusia di bawah 21 tahun.
3. Tidak memiliki gangguan kesehatan baik secara mental atau fisik atau yang dapat menghambat studi di Turki.
4. Telah atau akan menyelesaikan SMA/SMK/Sederajat dengan hasil akhir yang baik (minimal 70% dari nilai maksimal. Misal: nilai minimal 70 apabila standard nilai maksimal adalah 100).
5. Tidak pernah mengulang atau dikeluarkan dari sekolah dengan masa lebih dari dua tahun tanpa alasan yang sah setelah menyelesaikan sekolah menengah.
6. Tidak pernah mendapatkan hukuman atau Surat Peringatan (SP) dari sekolah.
7. Bagi mereka yang menjadi penerima Beasiswa TDV sebelumnya dapat mendaftar beasiswa ini apabila beasiswanya tidak diakhiri secara sepihak oleh pihak yayasan.
8. Bagi mereka yang saat ini sedang menjalankan studi di Turki tidak dapat mendaftar beasiswa ini.

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Salinan resmi ijazah SMA/SMK/Sederajat yang telah dilegalisasi. Apabila belum lulus, bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus dari pihak sekolah.
2. Salinan resmi transkrip nilai yang menunjukkan bahwa pelamar telah menyelesaikan sekolah dengan nilai yang baik. Apabila belum lulus, bisa menyertakan transkrip rapor sampai semester 5.
3. Salinan Kartu Identitas. Pilih salah satu: KTP atau Paspor atau Kartu Keluarga.
4. Surat Keterangan Sehat dari Dokter/Puskesmas/Rumah Sakit yang menerangkan bahwa siswa tidak memiliki masalah kesehatan yang dapat mengganggu selama studi di Turki.
5. Pasfoto ukuran 4,5x6cm sebanyak 6 lembar.
6. Visa untuk pendidikan, bisa mengurus setelah dinyatakan diterima pada Beasiswa TDV.
7. Sertifikat prestasi akademik / kemampuan jurusan / kemampuan bahasa seperti TOEFL, IELTS (tidak wajib).
8. Surat motivasi.
9. Surat rekomendasi dari kepala sekolah atau guru pembimbing.
10. Surat Penyetaraan dalam bahasa Turki. Surat Penyetaraan ini bisa didapatkan dari Kedutaan Besar Turki di Jakarta atau apabila tidak bisa, siswa dapat membuatnya di Kementerian Pendidikan di Turki setelah sampai di Turki.

Alamat Kedutaan Besar Turki di Jakarta:
Jl. H.R. Rasuna Said, Kav. 1, Kuningan
Jakarta Selatan – 12950
Telp. 021-5256250

Catatan: Seluruh berkas dokumen di atas diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah.

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar Beasiswa S1 Turki oleh TDV, siswa dapat mendaftarkan diri secara online pada link berikut: tbbs.turkiyeburslari.gov.tr.

Apabila belum memiliki akun, daftarkan email dan data diri singkat dengan klik tulisan Register. Selanjutnya anda harus mengecek email untuk mengaktifkan akun anda. Masukkan email dan password untuk login pada link di atas, dan isikan data-data yang diminta. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 31 Maret 2018. Pengumuman peserta yang lolos ke tahap wawancara diadakan pada 15 April s/d 1 Mei 2018 yang diberitahukan via email dan akan mendapatkan status “Allowed to Interview” pada website resmi TDV. Selanjutnya proses wawancara akan diadakan pada 15 Mei s/d 15 Juni 2018 di Kedubes Turki di Jakarta. Pengumuman hasil akhir akan dilaksanakan pada 15 Juni s/d 15 Juli 2018.

Saran dari penerima beasiswa sebelumnya, pada saat wawancara siapkan seluruh dokumen asli, latihan berbicara (supaya tidak grogi), dan cari di google mengenai pengalaman wawancara awardee sebelumnya. Informasi lebih detail dapat menghubungi kontak berikut:
Telp:
+90 312 416 9276
+90 312 416 9279
+90 312 416 9284
Email: egitim@tdv.org
Website: burs.tdv.org

Komentar