Beasiswa S1, S2 dan S3 di Jepang dari Rotary Yoneyama Memorial

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S1, S2 dan S3 di Jepang dari Rotary Yoneyama Memorial

Hai Sobat Beasiswa.ID! Satu lagi beasiswa S1, S2 dan S3 di Jepang bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia. Program Rotary Yoneyama Scholarship didanai oleh Yayasan Rotary Yoneyama Memorial, organisasi swasta penyedia beasiswa terbesar di Jepang. Melalui beasiswa ini, anda dapat mendaftar untuk Kuliah S1, S2 atau S3 pada universitas yang ada di Jepang. Berikut informasi selengkapnya mengenai Beasiswa Rotary Yoneyama.

Rotary Yoneyama Scholarship diberikan bagi mahasiswa yang berasal dari luar Jepang terutama untuk membantu di tahun-tahun awal studi di Jepang. Selain berupa pemberian dana per bulan, Rotary juga menyediakan konseling bagi para penerima beasiswa.

Kuota Beasiswa adalah sebanyak 15 orang.

CAKUPAN BEASISWA:
1. Bantuan dana per bulan:
a. Mahasiswa S1: ¥100,000/bulan (± Rp 13,5juta per bulan)
b. Mahasiswa S2: ¥140,000/bulan (± Rp 18,9juta per bulan)
c. Mahasiswa S3: ¥140,000/bulan (± Rp 18,9juta per bulan)
2. Penggantian biaya tiket pesawat kelas ekonomi dari Indonesia ke Jepang (maksimum 400.000 JPY).

Perlu dicatat beasiswa ini tidak bersifat penuh, biaya masuk dan biaya perkuliahan (tuition fee) dibiayai sendiri oleh peserta.

DURASI PEMBERIAN BEASISWA:
1. Periode April 2019: 2 tahun mulai April 2019 s/d Maret 2021
2. Periode Oktober 2019: 2 tahun mulai September/Oktober 2019 s/d Agustus/September 2021

Karena durasi beasiswa hanya untuk 2 tahun pertama, maka bagi peserta yang melaksanakan studi lebih dari 2 tahun, juga dapat bersiap mencari beasiswa lainnya untuk membiayai sisa masa studi (bisa dilihat di website www.jasso.go.jp/en untuk informasi beasiswa yang tersedia di Jepang).

Sebagai informasi, untuk daftar universitas di Jepang bisa diakses pada link berikut: https://www.jasso.go.jp/en/study_j/search/daigakukensaku.html.

PERSYARATAN:
1. Bukan merupakan warganegara atau berdomisili di Jepang.
2. Telah mendapatkan atau sedang dalam proses pendaftaran untuk mendapatkan Surat Persetujuan Penerimaan Pra-kedatangan atau Surat telah diterima pada Universitas/Sekolah Pascasarjana (dibawah yuridiksi MEXT) yang akan dituju di Jepang, dengan jadwal pendaftaran untuk bulan April 2019 atau Oktober (September) 2019.
Bagi mereka yang sebelumnya pernah menempuh studi/melakukan penelitian di Jepang tidak dapat mengikuti Beasiswa Rotary Yoneyama.
Untuk pelamar Program S1 wajib menyerahkan salinan penerimaan masuk sebagai mahasiswa (admission), dan bagi pelamar Program S2 atau S3 (Pascasarjana) wajib menyerahkan surat rekomendasi dari supervisor/profesor pada Universitas/Sekolah Pascasarjana yang dituju di Jepang.
3. Memiliki antusiasme belajar dan tujuan masa depan, memiliki kesadaran dan rasa hormat terhadap perbedaan budaya, serta mampu menyampaikan pendapat dan berkomunikasi dengan lancar.
4. Sehat secara fisik dan mental.
5. Terbuka untuk pelajar dan mahasiswa dari semua jurusan.
6. Berusia maksimal 39 tahun (atau lahir setelah 1 April 1979).
7. Memiliki kemampuan berbahasa Jepang level dasar (setingkat JPLT N4), tetapi tidak diwajibkan memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jepang.
8. Pelamar yang mendapatkan beasiswa dari organisasi lain tidak diperkenankan mendaftar beasiswa ini.
9. Pelamar yang telah mendapatkan beasiswa Yoneyama sebelumnya tidak dapat mendaftar beasiswa ini.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:
1. Formulir Pendaftaran.
2. Salinan pendaftaran masuk (admission) sebagai mahasiswa pada universitas di Jepang yang dituju.
3. Rencana penelitian bagi pelamar S2 dan S3.
4. Membuat essay dengan judul “The purpose for studying in Japan”.
5. Surat rekomendasi:
a. Untuk pelamar Beasiswa S1: Melampirkan Surat Rekomendasi dari SMA/sekolah asal atau tempat kerja terakhir atau universitas tujuan di Jepang.
b. Untuk pelamar Beasiswa S2 dan S3: Melampirkan Surat Rekomendasi dari supervisor/profesor pada universitas/sekolah pascasarjana tujuan di Jepang atau dari supervisor/profesor pada universitas asal atau dari tempat kerja terakhir.
6. Salinan Surat Penerimaan (LoA), Surat Persetujuan Penerimaan Pra-kedatangan atau Surat telah diterima pada universitas/sekolah pascasarjana yang dituju di Jepang.
7. Salinan skor tes kemampuan bahasa Jepang (jika ada).

CATATAN:
1. Format dokumen nomer 1, 3, 4, dan 5 dapat diunduh pada link berikut: DOWNLOAD.
2. Seluruh berkas dokumen di atas discan terlebih dahulu dalam format PDF.
3. Apabila dokumen menggunakan bahasa Indonesia, lampirkan juga hasil terjemahan dalam bahasa Jepang atau Inggris. Gunakan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan dokumen resmi.

CARA MENDAFTAR:
Untuk mendaftar Beasiswa Rotary Yoneyama, lampirkan seluruh berkas dokumen di atas (softcopy) dan kirimkan pada alamat email berikut: apply@rotary-yoneyama.or.jp.

Pastikan juga anda telah memberi nama masing-masing file dengan format yang telah ditentukan. Untuk dokumen nomer 5 dan 6 di atas dapat langsung dikirimkan pada universitas yang dituju. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 15 Desember 2018 untuk penerimaan Periode April dan September Tahun 2019. Proses seleksi berdasarkan dokumen yang dikirimkan. Pengumuman para penerima beasiswa dilaksanakan pada pertengahan Februari 2019 melalui email masing-masing.

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Rotary Yoneyama, pelamar dapat menghubungi kontak berikut:
Email: mail@rotary-yoneyama.or.jp
atau mengakses laman resminya: www.rotary-yoneyama.or.jp. Silakan bagikan pada rekan-rekan yang membutuhkan dan semoga bermanfaat.