Beasiswa S2 dan S3 di Republik Ceko

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 dan S3 di Republik Ceko

Hai Sobat Beasiswa.ID! Jika pilihan beasiswa di Eropa biasanya bertumpu pada negara-negara tertentu saja, seperti Inggris, Perancis, Jerman, atau Belanda, mungkin Anda perlu mempertimbangkan beasiswa dari salah satu negara di Eropa Tengah ini. Republik Ceko. Pelajar internasional, semisal dari Indonesia, bisa memanfaatkan beasiswa yang disediakan South Moravian Centre for International Mobility (JCMM). Sebuah organisasi non profit di Daerah Moravia Selatan, Republik Ceko yang menyediakan dukungan serta bantuan bagi mahasiswa maupun peneliti berbakat.

Beasiswa ditawarkan melalui Scholarship for Foreign University Students. Khusus beasiswa luar negeri yang disediakan JCMM bagi pelajar di luar kawasan Uni Eropa. Beasiswa ini terdiri dari beasiswa S2 dan beasiswa S3. Pelamar bisa memanfaatkan beasiswa untuk mengambil program-program studi yang berkaitan dengan teknik dan ilmu-ilmu alam di sejumlah universitas mitra JCMM.
Universitas mitra meliputi: 
▪ Masaryk University (www.muni.cz/?lang=en)
▪ Brno University of Technology (http://www.vutbr.cz)
▪ Mendel University of Agriculture and Forestry in Brno (www.mendelu.cz/en/?lang=en)
▪ University of Veterinary and Pharmaceutical Sciences Brno (www.vfu.cz)
Beasiswa di Republik Ceko yang disediakan JCMM nilainya 700 Czech crown per bulan atau sekitar 250 Euro per bulan. Beasiswa ini dapat dimanfaatkan untuk biaya hidup selama tahun pertama studi. Jika mahasiswa bersangkutan memperoleh hasil prestasi yang bagus di tahun pertama, mereka dapat memperoleh beasiswa di tahun berikutnya dari universitas. Selain itu, kandidat terpilih akan dibebaskan dari biaya kuliah.
Manfaat beasiswa lainnya adalah bantuan gratis untuk konsulitasi serta dukungan mengenai prosedur ujian masuk universitas di Daerah Moravia Selatan.
Persyaratan: 
1. Mahasiswa asing dari negara di luar Uni Eropa yang mengejar program studi master atau PhD dalam bahasa Ceko pada universitas mitra di Brno, Republik Ceko
2. Pelamar belum pernah belajar di salah satu universitas Ceko, kecuali untuk kursus persiapan dan bahasa, atau program pertukaran studi jangka pendek. Mereka yang sudah pernah studi di Republik Ceko dan telah tinggal minimal selama 6 bulan (terhitung Juni 2019), tidak memenuhi syarat untuk mendaftar
3. Diutamakan program-program studi teknik dan ilmu-ilmu alam
4. Mampu berbahasa Ceko dengan baik (lanjutan ke studi master membutuhkan pengetahuan bahasa Ceko yang sangat baik, untuk studi PhD masing-masing fakultas memiliki ketentuan yang berbeda)
Dokumen aplikasi: 
1. Dua surat rekomendasi (dari universitas, sekolah, atau atasan)
2. Curriculum vitae (CV) (maks 2 halaman)
3. Motivation letter (maks 2 halaman)
4. Ijazah dan transkrip beserta terjemahan resminya ke dalam bahasa Ceko/Inggris
Pendaftaran: 
Pendaftaran beasiswa JCMM untuk S2 dan S3 2019 – 2020 dilakukan secara online. Lengkapi formulir aplikasiyang disediakan online dan lampirkan bersama dokumen aplikasi yang diminta. Ajukan aplikasi mulai 1 Desember 2018 hingga 31 Januari 2019.
Sementara, pengiriman aplikasi mahasiswa ke universitas dibuka mulai Februari – Juni 2019, ujian masuk/wawancara universitas pada Mei – Juli 2019, dan hasil akhir seleksi beasiswa akan diberitahukan akhir Juni 2019.
Kontak:
Iveta Kumstátová
E-mail: iveta.kumstatova@jcmm.cz
Tel: +420 725 745 596
www.jcmm.cz