fbpx

Beasiswa Exchange dari Pemerintah Turki Siprus Utara

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Exchange dari Pemerintah Turki Siprus Utara

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu yang ingin menjalani program Exchange, mungkin beasiswa kali ini bisa menjadi pilihan kamu. Pemerintah Turki Siprus Utara sedang menawarkan beasiswa program pertukaran pendidikan yang ditujukan bagi warganegara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), salah satunya Indonesia.

Program yang ditawarkan dinamai OIC Educational Exchange Programme. Beasiswa ini meliputi jenjang sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3). Ada 5 kursi beasiswa yang disediakan bagi kandidat terpilih untuk perkuliahan yang dimulai pada semester musim semi 2019 – 2020. Di mana peserta terpilih bisa melanjutkan studi di salah satu dari di tiga (3) universitas pilihan di Tukri Siprus Utara .

Baca Juga : Beasiswa S2 dan S3 dari Pemerintah Perancis

Beasiswa Turki Siprus Utara menanggung uang kuliah dan uang saku, sementara biaya lain seperti biaya asrama, tiket perjalanan, dll tidak disediakan atau ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa. Untuk beasiswa S1, durasi beasiswa diberikan hingga 10 semester (sudah termasuk kelas persiapan), sementara untuk beasiswa S2 durasi beasiswa diberikan hingga 4 semester yang juga sudah termasuk kelas persiapan. Sedangkan beasiswa S3 diberikan hingga 8 semester dan sudah termasuk kelas persiapan.

Daftar Universitas Pilihan:
Cyprus International University (CIU) –  www.ciu.edu.tr
▪ Girne American University (GAU) – www.gau.edu.tr
▪ Final International University (FIU) – www.final.edu.tr

Pelamar dapat memilih berbagai program studi yang tersedia di tiga universitas tersebut (lihat website), kecuali jurusan kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi.

Persyaratan:
1. Lulus SMA atau sederajat
2. Memenuhi kriteria penerimaan dan pendaftaran seperti yang tertera di UU Pendidikan Tinggi TRNC
3. Melengkapi dokumen sertifikat kemampuan bahasa yang dibutuhkan oleh program khusus universitas untuk diajukan atau agar lulus ujian bahasa asing yang diselenggarakan universitas.

Pemberian beasiswa dievaluasi setiap semester. Penerima beasiswa harus mempertahankan IPK minimal 2.00 untuk jenjang S1, dan IPK 3.00 untuk jenjang S2 dan S3 untuk bisa melanjutkan beasiswa di semester berikutnya.  Setelah evaluasi pada akhir setiap semester, mahasiswa yang gagal mempertahankan nilai rata-rata yang disebutkan, akan menerima peringatan lisan dari Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan TRNC melalui universitas.

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi (Unduh)
2. Bagi mahasiswa baru: Fotokopi ijazah dan transkrip nilai dilegalisir beserta terjemahan resmi bahasa Inggris atau bahasa Turki (jika ijazah dan transkrip berbahasa Indonesia)
3. Bagi mahasiswa lama: Transkrip akademik semua semester (di universitas Turki Siprus)
4. Letter of motivation
5. Fotokopi paspor

Pendaftaran:
Pelamar terlebih dahulu harus mendaftar ke universitas yang telah ditentukan oleh program beasiswa pemerintah Turki Siprus Utara, seperti tertera di atas. Mata kuliah menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, karena itu Anda perlu memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS) yang diperlukan ketika mendaftar ke universitas.

Anda bebas memilih program studi yang diminati, kecuali untuk program Medicine, Dentistry, dan Pharmacy. Setelah memperoleh, letter of acceptance (LOA), baik yang unconditional maupun conditional, pelamar sudah bisa mendaftar ke program beasiswanya.

Baca Juga : Beasiswa Diploma dan S1 dari Glints

Cara mendaftar beasiswa adalah dengan melengkapi semua dokumen aplikasi yang diminta di atas kemudian kirimkan via pos ke alamat berikut:

Mr. Mohamed A. Zaghoul/Mr. Sher Rehman,
Department of Science & Technology,
OIC General Secretariat,
P.O. Box 178, Jeddah 21411
Kingdom of Saudi Arabia
zghoul@oic-oci.org

Dokumen aplikasi tersebut sudah harus diterima paling lambat 30 November 2019. Ketentuan lebih lanjut bisa Anda simak melalui formulir aplikasi yang bisa Anda unduh di atas. Semoga berhasil!

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada. Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai beasiswa Turki Siprus Utara lebih lanjut, silahkan menghubungi kontak berikut:
Department of Science and Technology,
OIC General Secretariat,
P.O. Box 178 – Jeddah 21411
Saudi Arabia.

Mr. Mohamed A Zaghoul, Professional Officer,
Phone Number 00966-2-6515222 (Ext. 1701).
zghoul@oic-oci.org

Mr. Sher Rahman,
Phone Number 00966-2-6515222 (Ext. 1725)
shero@oic-oci.org
Fax No. 00966-2-6523725
w: www.oic-oci.org

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Komentar

%d bloggers like this: