Beasiswa S2 di UGM (Universitas Gadjah Mada)

Hai Sobat Beasiswa.ID! Jika Anda pencari beasiswa S2, peluang beasiswa berikut ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihannya. Universitas Gadjah Mada kembali menawarkan Program Beasiswa SPP/UKT Tahun Ajaran 2019/2020 kepada lulusan S1 PTN/S dengan preferensi pada lulusan Perguruan Tinggi Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu dan PT Umum. Beasiswa ini ditawarkan yuntuk melanjutkan studi S2 (Master Degree) di Program Studi Agama dan Lintas Budaya (ALB) atau dikenal dengan Center for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS).

Cakupan Beasiswa:
Beasiswa CRS meliputi biaya SPP senilai Rp. 8.000.000,00- per semester yang diberikan selama 4 semester.
Program ini tidak menanggung biaya hidup, biaya penelitian, biaya transportasi, biaya buku, dan biaya lainnya.

Kewajiban Penerima Beasiswa:
Penerima Beasiswa CRCS berkewajiban untuk bekerja selama 6 jam dalam satu minggu di CRCS. Terdapat 2 jenis pekerjaan yang ditawarkan:

  • Pertama

Menjadi Asisten Peneliti di bawah koordinasi Divisi Riset. Tugas dari Asisten Peneliti adalah membaca dan mengkliping berita-berita dari koran, majalah dan media online dengan tema yang telah ditentukan Divisi Riset. Teknik pengumpulan berita akan dijelaskan lebih lanjut oleh staf Divisi Riset.

  • Kedua

Menjadi Reporter di bawah Koordinasi Divisi Pendidikan Publik. Tugas dari Reporter adalah meliput kegiatan CRCS serta menulis berita berdasarkan hasil liputan tersebut untuk ditampilkan di website CRCS.

Persyaratan:

  1. Merupakan lulusan D4/S1 dari program Sarjana yang terakreditasi pada universitas dalam negeri atau luar negeri. Dibuka untuk semua jurusan.
  2. Memiliki IPK pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut: a. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A.
    b. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B
    c. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C
  3. Memiliki hasil tes potensi akademik yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat) dengan skor minimal 450 (PAPs UGM/TPDA PLTI/TPA BAPPENAS).
  4. Memiliki hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Ketentuan skor TOEFL ITP min. 475 / TOEFL IBT min. 30 / IELTS 4.0 / TOEP PLTI min. 27 / AcEPT UGM min. 149.
  5. Pastikan anda telah memenuhi dokumen persyaratan untuk mendaftar ke UGM

Berkas Dokumen:

  1. Salinan ijazah dan transkrip nilai jenjang pendidikan Sarjana/setara yang telah dilegalisasi universitas asal.
  2. Salinan sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara.
  3. Sertifikat hasil tes potensi akademik (PAPs UGM/TPDA PLTI/TPA BAPPENAS) yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat)
  4. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL ITP/TOEFL IBT/IELTS/TOEP PLTI/AcEPT UGM) yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat).
  5. Deskripsi singkat research plan termasuk alasan mengapa pelamar tertarik memilih topik tersebut.
  6. Melampirkan Surat Rekomendasi dari 2 orang yang mengenal pelamar pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar DOWNLOAD FORMAT SURAT REKOMENDASI
  7. Proyeksi keinginan pelamar dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah DOWNLOAD FORMAT
  8. Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi pelamar yang sudah bekerja.
  9. Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, atau Klinik negeri/swasta) yang memiliki izin dari Pemerintah.
  10. Mengajukan Surat Lamaran Beasiswa ke Ketua Program Studi Agama dan Lintas Bidaya menjelaskan alasan mengapa melamar beasiswa CRCS dan layak mendapatkan beasiswa CRCS.
  11. Surat Pernyataan dari pelamar yang membuktikan bahwa sedang tidak mendapatkan beasiswa dari institusi lain.

Cara Mendaftar:

Pendaftaran atau seleksi akan dilaksanakan berdasarkan prosedur pendaftaran masuk program Pascasarjana UGM. Pelamar diwajibkan untuk mendaftar secara online pada um.ugm.ac.id dengan pilihan jalur reguler (pantau terus website di atas untuk melihat informasi pendaftaran Program Pascasarjana UGM Tahun Ajaran 2019/2020). Pada formulir pendaftaran online, pilih Program Studi Agama dan Lintas Budaya.

Jika berkas pendaftaran Anda telah masuk di kantor CRCS, selanjutnya staf CRCS akan menghubungi Anda untuk koordinasi jadwal wawancara lebih lanjut. Bagi pelamar yang berada di luar Yogyakarta dapat mengikuti tes wawancara melalui telepon atau Skype.

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa S2 Agama dan Lintas Budaya dilakukan setelah mahasiswa mendaftar di UGM, yang berkisar antara bulan April s/d Juni 2019.

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa S2 CRCS UGM, dapat menghubungi kontak berikut:

WhatsApp: 0895-3488-26158 (staf akademik)
Telepon kantor: 0274 – 544976
Email: crcs@ugm.ac.id
Sumber Website resmi: www.crcs.ugm.ac.id