Beasiswa S1 di Universitas Pertamina

Beasiswa S1 di Universitas Pertamina 2017/2018 hadir kembali bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru. Sasaran program tersebut ialah lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin mendaftar sebagai mahasiswa Universitas Pertamina. Tujuan beasiswa ini, yaitu mendorong pemerataan pendidikan untuk masyarakat luas, dimana penerimanya merupakan pelajar berprestasi namun terhalang masalah ekonomi.

Pendirian Universitas Pertamina merupakan salah satu kontribusi PT. Pertamina Persero kepada masyarakat yang mengusung semangat menuju perguruan tinggi berkelas dunia. Fakultas dan program studinya ditunjang dengan adanya dosen S2 dan S3 yang berkualitas dari dalam bahkan luar negeri.

Program Studi

Setiap program studi menerima 60 mahasiswa. Ada 6 fakultas dan 15 program studi S1 di Universitas Pertamina, yaitu:

  • Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi (Teknik Geologi, Teknik Geofisika, dan Teknik Perminyakan).
  • Fakultas Teknologi Industri (Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik).
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Manajemen dan Ilmu Ekonomi)
  • Fakultas Perencanaan Infrastruktur (Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan)
  • Fakultas Sains dan Ilmu Komputer (Kimia dan Ilmu Komputer)
  • Fakultas Komunikasi dan Diplomasi (Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi)

Cakupan dan Nilai Beasiswa

Seperti tahun sebelumnya, pada periode 2017/2018 ini Universitas Pertaminan memberikan beasiswa ekonomi yang terbagi menjadi:

  • Pembebasan biaya 100% untuk SPI dan SPP dari semester 1 sampai 8.
  • Pembebasan biaya 50% untuk SPI dan SPP dari semester 1 sampai 8.

Tawaran ini cukup menarik untuk meringankan biaya kuliah. Tahun sebelumnya, ada 501 mahasiswa penerima berbagai jenis beasiswa dari Universitas Pertamina, termasuk beasiswa ekonomi.

Persyaratan

Beasiswa Universitas Pertamina berlaku bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat pada bidang yang sesuai tahun 2012 – 2017. Pelamar harus mengajukan pendaftaran untuk kuliah di universitas tersebut. Ada syarat tidak buta warna pada jurusan tertentu, cek di FAQ – Universitas Pertamina. Berkas persyaratan pendaftaran kuliah lihat di https://universitaspertamina.ac.id/.

Baca Juga :  BEASISWA KARYA SALEMBA EMPAT 2016

Pada artikel ini hanya dibahas berkas persyaratan pengajuan beasiswa ekonomi, sebagai berikut.

  • Slip gaji orang tua 3 bulan terakhir. Bagi wiraswasta, menggunakan Surat Keterangan yang disahkan oleh RT/RW di daerah asal.
  • KTP orang tua
  • Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Ekonomi Lemah dari RT/RW daerah asal (jika ada).
  • Fotokopi rapor kelas XII yang sudah dilegalisir.

Proses Pendaftaran

Pengajuan pendaftaran beasiswa ekonomi tidak terpisah dari pendaftaran kuliah. Artinya, beasiswa diajukan bersamaan dengan pendaftaran agar diterima sebagai mahasiswa Universitas Pertamina.

Pelamar beasiswa harus mendaftar dulu secara online lewat https://pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/.  Sebelum mendaftar, pelajari dulu informasi yang ada di FAQ – Universitas Pertamina. Saat mengisi data, akan muncul pilihan beasiswa yang harus dikonfirmasi oleh pelamar. Seluruh proses pendaftaran cukup mudah karena dilakukan secara online.

Ada tiga periode pendaftaran, sebagai berikut.

Periode April tanggal 6 Maret – 7 April 2017.

Periode Mei tanggal 17 April – 17 Mei 2017.

Periode Juli tanggal 22 Mei – 2 Juli 2017.

Pelamar harus menjalani tes masuk Universitas Pertamina yang meliputi Tes Potensi Akdemik (TPA) serta tes Matematika, Fisika, & Bahasa Inggris untuk IPA, tes Matematika Dasar & Bahasa Inggris untuk IPS, dan tes Matematika, Fisika, Matematika Dasar, & Bahasa Inggris untuk IPC. Kontak, jadwal, dan informasi selengkap-lengkapnya terkait beasiswa Universitas Pertamina lihat di website sumber: https://universitaspertamina.ac.id/.

Tinggalkan pesan