Beasiswa Pelajar dari Jakarta Intercultural School

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu pelajar SMP maupun SMA yang sedang mencari beasiswa sekolah, mungkin beasiswa ini bisa menjadi pilihan kamu. Jakarta Intercultural School (JIS) membuka program beasiswa sekolah bagi para pelajar berprestasi di tanah air yang ingin mengenyam pendidikan kelas dunia di JIS. Dengan program beasiswa tersebut, siswa terpilih nantinya dapat melanjutkan pendidikannya di JIS tanpa dikenakan biaya apapun.

Nama program beasiswa yang ditawarkan adalah Beasiswa JIS Bhineka Tunggal Ika (THe JIS Bhinneka Tunggal Ika Scholarship). Beasiswa yang disediakan Jakarta Intercultural School tersebut menyasar para pelajar, seniman, maupun atlet Indonesia yang berprestasi. Beasiswa yang diberikan mencakup 100% dari biaya sekolah, biaya mengikuti ujian, dan transportasi bus ke dan dari JIS, dari awal masuk hingga lulus (Kelas 12).

Setiap tahun ada tiga kuota beasiswa disediakan. Beasiswa sangat kompetitif. Para pemenang beasiswa akan dipilih oleh Dewan Beasiswa JIS.

Baca Juga : Beasiswa SMP dan SMA dari SMART Ekselensia

Kualifikasi:
Beasiswa ditujukan untuk siswa Kelas 8-10 dengan pencapaian dan potensi luar biasa di salah satu bidang berikut: akademik, seni, atletik, dan layanan kepada komunitas mereka. Semua calon penerima beasiswa harus memenuhi persyaratan standar penerimaan JIS serta memenuhi persyaratan Dewan Seleksi Beasiswa.

Kriteria:
1. Memenuhi persyaratan dari Peraturan Penerimaan Siswa JIS
2. Menunjukkan nilai-nilai dan karakter JIS
3. Menunjukkan keunggulan akademis
4. Dapat berkontribusi secara positif kepada komunitas JIS
5. Membuktikan kebutuhan finansial

Dokumen aplikasi:
1. Salinan rapor tiga tahun terakhir
2. Salinan hasil Ujian Nasional (SD atau SMP)
3. Salinan Akta Kelahiran
4. Salinan Kartu Keluarga

Baca Juga : Beasiswa S1 Pertukaran Mahasiswa dari AMINEF

Pendaftaran:
Bagi siswa kelas 8-10 yang ingin mengajukan beasiswa JIS BTI dapat mendaftarkan diri dengan mengisi terlebih dahulu formulir online Beasiswa JIS BT di laman jisedu.or.id. Selanjutnya lengkapi dokumen aplikasi yang diperlukan di atas lalu kirim via email: scholarships@jisedu.or.id

Pendaftaran beasiswa JIS 2021 dibuka hingga 1 Februari 2021. Proses seleksi meliputi ujian penerimaan, menulis karangan, wawancara dengan calon penerima beasiswa serta pertemuan dengan orangtua calon penerima beasiswa.

Ada tiga kurikulum utama yang ditawarkan JIS. Pertama adalah mengarah ke Diploma JIS High School yang merupakan kualifikasi terakreditasi untuk masuk di universitas di seluruh dunia. Yang kedua adalah International Baccalaureate Diploma, salah satu program pra-universitas paling bergengsi di dunia.  Jalur kurikulum ketiga adalah program Advanced Placement yang serupa dengan Diploma IB dalam beberapa hal tetapi programnya hanya berlangsung selama satu tahun.

Jadwal Pendaftaran:
1 Februari 2021: Penutupan pendaftaran
20 Februari 2021: Activity Day* di JIS (Tahap I) untuk kandidat yang lolos seleksi administratif
6 Maret 2021: Activity Day* di JIS (Tahap II) untuk kandidat terpilih
15 Maret 2021: Pengumuman seleksi final kandidat
1 Mei 2021: Pengumuman penerima beasiswa

*Activity Day berisi penilaian, aktivitas, dan wawancara untuk para kandidat.

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada. Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silahkan menghubungi kontak berikut :

Jakarta Intercultural School
[e] scholarships@jisedu.or.id
[t] +6221 509 89 555
[w] https://www.jisedu.or.id

Selamat mencoba dan semoga berhasil!