Beasiswa Pelatihan Guru dari Monbukagakusho di Jepang

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Pelatihan Guru dari Monbukagakusho di Jepang

Hai Sobat Beasiswa.ID! Bagi kamu guru SD, SMP, SMA sederajat maupun SLB, ada kesempatan beasiswa yang datang dari Pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT). Program Teacher Training 2021 dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Beasiswa pelatihan guru ini bersifat beasiswa penuh, artinya seluruh pembiayaan ditanggung penyedia beasiswa.

Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang akan diselenggarakan selama 1 tahun 6 bulan, termasuk 6 bulan pertama belajar bahasa Jepang yang dimulai dari bulan September atau Oktober 2021 hingga Maret 2023. Para penerima beasiswa akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif, serta hal-hal lain yang dapat meningkatkan mutu dan kemampuan para guru.

CAKUPAN BEASISWA :

  1. Tanggungan biaya kuliah sepenuhnya hingga program selesai
  2. Tunjangan hidup senilai ± ¥143.000 (± Rp 19,5 juta) per bulan
  3. Tiket pesawat pulang pergi (PP) Indonesia &; Jepang
  4. Bebas biaya pembuatan visa pelajar
  5. Beberapa universitas menyediakan asrama. Biaya asrama akan dibayarkan dari tunjangan hidup yang diberikan. Untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, pihak universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal apabila dibutuhkan

PERSYARATAN BEASISWA PELATIHAN GURU DI JEPANG:

  1. Berusia maksimal 34 tahun pada tanggal 1 April 2021 (lahir pada atau setelah 2 April 1986).
  2. Lulusan minimal D4 atau S1.
  3. Merupakan guru (pegawai negeri, swasta, atau honorer) yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal, yaitu SD, SMP, SMA atau Sederajat (SMK, Madrasah, dan sebagainya), serta SLB.
  4. Pelamar memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun 0 bulan pada tanggal 1 Oktober 2021 di lembaga pendidikan formal.
  5. Semua bidang pendidikan ditawarkan kecuali PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama dan Perhotelan.
  6. Sehat jasmani dan rohani (memiliki kondisi kesehatan fisik dan mental yang tidak akan mengganggu jalannya perkuliahan selama di Jepang).
  7. Menguasai bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Bagi yang belum bisa bahasa Jepang, mempunyai kemauan/bersedia untuk belajar bahasa Jepang.
  8. Pelamar harus segera kembali ke Indonesia dan melanjutkan karirnya sebagai guru setelah masa program beasiswa pelatihan guru berakhir. Apabila setelah menyelesaikan program beasiswa, pelamar tidak mengaplikasikan pengalamannya sebagai guru, maka pelamar wajib mengembalikan seluruh tunjangan beasiswa yang telah diterima.
  9. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/ situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa pelatihan guru. Silakan baca pada tautan berikut : klik disini.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN (hardcopy):

  1. 1 (Satu) lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online berisi nomer ujian pelamar.
  2. -1 (Satu) rangkap Formulir Pendaftaran Tahun 2021 Unduh disini. Isi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Boleh diketik atau ditulis tangan (menggunakan pulpen hitam).
    -1 (Satu) rangkap Research Plan (Rancangan Penelitian) yang terdapat pada Formulir Pendaftaran. Buatlah rancangan penelitian minimal 150 kata dalam bahasa Inggris atau minimal 300 karakter dalam bahasa Jepang. Jika tidak cukup pada kolom yang tersedia, bisa ditambahkan pada kertas lampiran.
    -1 (Satu) lembar Pasfoto berwarna terbaru (diambil dalam 6 bulan terakhir) dengan ukuran 3,5 cm x 4,5 cm (atau 3×4 cm). Formal dengan warna latar belakang bebas. Pasfoto harus ditempel pada Formulir Pendaftaran.
  3. 1 (Satu) lembar Placement Preference Application Form (Unduh disini) Pilih maksimal 5 universitas yang terdapat dalam “Course Guide of Teacher Training Program”. Formulir harus diisi dalam bahasa Inggris atau Jepang. Boleh diketik atau ditulis tangan (menggunakan pulpen hitam).
  4. 1 (Satu) rangkap Fotocopy Transkrip Nilai. Fotocopy transkrip nilai harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan telah dilegalisasi atau dicap basah asli oleh perguruan tinggi pelamar. Untuk transkrip nilai hasil terjemahan, harap dilegalisasi atau dicap basah asli juga oleh perguruan tinggi pelamar pada hasil terjemahannya. Harap tidak melampirkan transkrip nilai dalam bahasa Indonesia. Legalisasi atau cap basah harus asli dan tidak boleh hasil scan.
  5. 1 (Satu) rangkap Fotocopy Ijazah Pendidikan Terakhir. Fotocopy Ijazah harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan telah dilegalisasi atau dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar. Untuk ijazah hasil terjemahan, harap dilegalisasi atau dicap basah asli juga oleh perguruan tinggi pelamar pada pada hasil terjemahannya. Harap tidak melampirkan ijazah dalam bahasa Indonesia. Legalisasi atau cap basah harus asli dan tidak boleh hasil scan.
  6. 1 (Satu) lembar Surat Keterangan dari Tempat Mengajar yang menjelaskan bahwa pelamar adalah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui untuk mengikuti program beasiswa ini. Surat keterangan harus dibuat dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Surat disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dilegalisasi atau dicap basah asli (tidak boleh hasil scan) oleh sekolah. Jika masa mengajar pelamar lebih dari 5 tahun dan tidak hanya pada satu sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari masing-masing sekolah sebelumnya yang dilegalisasi atau dicap basah asli dari sekolah sebelumnya tersebut. Format surat diserahkan ke masing-masing sekolah.
  7. 1 (Satu) lembar Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah tempat mengajar sekarang. Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar dan ditulis dalam bahasa Inggris. Format bebas atau dapat menggunakan format yang telah tersedia. Tanda tangan surat rekomendasi harus asli dan tidak boleh hasil scan.
  8. Apabila ada, sertakan 1 (satu) lembar fotocopy sertifikat kemampuan bahasa asing (seperti TOEFL/IELTS/TOEIC/JLPT dan sejenisnya) yang masih aktif. Boleh melampirkan lebih dari satu jenis sertifikat. Persyaratan ini tidak wajib.

CATATAN:

  • Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4. Apabila tidak bisa, silakan lipat menjadi seukuran A4 per lembar.
  • Dokumen jangan dijilid, jangan dilubangi, jangan disteples, cukup di-klip saja agar tidak tercecer.
  • Dokumen disusun sesuai urutan (poin 1 sampai 8) sesuai yang disebutkan di atas.
  • Apabila selama masa pandemi, pelamar kesulitan mendapatkan salinan ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi atau dicap basah asli dari perguruan tinggi, maka pelamar boleh mengirimkan hasil fotocopy biasa saja hanya untuk seleksi dokumen. Nantinya setelah dinyatakan lolos seleksi primary screening, ada kemungkinan pelamar diminta mengirimkan kembali salinan ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi atau dicap basah asli kepada Kedutaan Besar Jepang.
  • TIDAK PERLU melampirkan dokumen lain yang tidak diminta, seperti penghargaan dan sejenisnya.
  • Dokumen yang tidak menggunakan bahasa Inggris/bahasa Jepang, tidak akan diterima.

CARA MENDAFTAR :

  1. Untuk mendaftar Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang Tahun 2021, pelamar dapat mendaftarkan diri secara online pada link berikut: https://daftar.beasiswamext.com . Klik pada tulisan Teacher Training 2021.
  2. Setelah melakukan pendaftaran online, pelamar akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Silakan cetak/print-out email tersebut dalam format portrait dan harap mengingat “Nomor Ujian” yang diterima.
  3. Selanjutnya lengkapi seluruh dokumen yang disebutkan di atas, disusun sesuai urutan dan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar. Tuliskan kode “Teacher Training 2021” pada bagian kanan atas amplop. Kirimkan atau serahkan langsung kepada:
    Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
    Kedutaan Besar Jepang
    Jl. M. H. Thamrin No. 24
    Jakarta – 10350
  4. Pihak Kedutaan tidak menerima dokumen yang dikirimkan melalui jasa pengiriman ojek online.
  5. Berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta sebelum 15 JANUARI 2021.

TIMELINE PENDAFTARAN & SELEKSI BEASISWA:

  1. Waktu Pendaftaran Program Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang: 18 Desember 2020 s/d 15 Januari 2021
  2. Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen: 29 Januari 2021
  3. Primary Screening (Ujian Tulis & Wawancara): Februari 2021 (diberitahukan lebih lanjut hanya kepada kandidat yang lolos)
  4. Pengumuman Primary Screening: Awal Maret 2021
  5. Secondary Screening: Maret 2021
  6. Pengumuman Hasil Akhir dari MEXT: Juli 2021
  7. Berangkat ke Jepang: September atau Oktober 2021
    Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Kepastian pelaksanaan ujian tulis di tengah situasi pandemi COVID-19, akan diberitahukan kemudian kepada peserta yang lolos. Harap tetap mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan.

Pihak Beasiswa.ID hanya membantu menyebarkan informasi beasiswa yang ada. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan menghubungi kontak berikut :

Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
Kedutaan Besar Jepang
Nomer telp. (021) 3192-4308
E-mail: beasiswa@dj.mofa.go.jp
https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html

Selamat mencoba dan semoga berhasil!