Beasiswa Guru SMP/SMA/Sederajat 2017-2018

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Guru SMP/SMA/Sederajat 2017-2018
Nama program beasiswa guru ini sudah tak asing. International Leaders in Education Program (ILEP). Setiap tahun ditawarkan dan memberi kesempatan bagi para guru SMP/SMA/sederajat di Tanah Air untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester di universitas AS. Beasiswa ILEP 2017 ini juga mencakup pelatihan intensif mengenai metodologi, rencana pembelajaran, strategi mengajar, penggunaan komputer dan internet, termasuk bagaimana mengolah kata dan menggunakan alat bantu mengajar. Beasiswa guru SMP/SMA/sederajat ini berlangsung sekitar lima bulan yang dimulai Januari 2018 sampai dengan Mei 2018.
ILEP merupakan beasiswa yang disediakan Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS melalui International Research & Exchanges Board (IREX), organisasi non profit yang berbasis di Washington, DC.
Tidak hanya pelatihan intensif dan perkuliahan selama satu semester pada program akademik di universitas AS. Penerima beasiswa IELP juga akan magang di sekolah menengah di AS dan berinteraksi secara aktif dengan guru dan siswa Amerika.
Beasiswa yang diperoleh di antaranya mencakup pembekalan sebelum keberangkatan yang dilaksanakan di Indonesia, tiket pesawat PP Indonesia-Amerika Serikat, orientasi kedatangan di Washington, DC, biaya program akademik, perumahan, asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta uang saku harian untuk makan dan ongkos selama menjalani perkuliahan di universitas.
Selain itu diberikan pula laptop, buku/tunjangan pengembangan profesional, mengikuti seminar penutupan di Washington, DC, tunjangan bagasi, dan kesempatan mengajukan bantuan hibah kolaboratif dengan kolega yang ada di AS.
Persyaratan: 
1. Guru SMP/SMA/sederajat yang mengajar bidang bahasa Inggris, ilmu sosial (IPS), pendidikan kewarganegaraan (PKn), matematika, serta sains (IPA).
2. Memiliki pengalaman mengajar 5 tahun atau lebih
3. Warganegara Indonesia
4. Mampu menulis dan berbahasa Inggris dibuktikan dengan skor minimum ITP TOEFL 500, IBT TOEFL 60/61, atau IELTS yang setara.
Pendaftaran: 
Pengajuan beasiswa guru SMP/SMA/sederajat 2017 dari IREX dapat dilakukan dengan dua cara. Pilih salah satu.
Cara pertama, Kirimkan dokumen aplikasi berikut melalui kantor AMINEF:
1. Formulir aplikasi (unduh)
2. Satu halaman Statement of Purpose yang ditulis dengan jelas
3. Curriculum Vitae
4. Mengisi dua formulir rekomendasi serta formulir dukungan institusi
5. Copy kartu identitas (KTP atau paspor)
6. Copy skor TOEFL/IELTS
Kirimkan dokumen aplikasi lengkap tersebut ke alamat:
AMINEF OFFICE
Intiland Tower, 11th Floor
Jl. Jend. Sudirman 32,
Jakarta 10220
Cara kedua, mengajukan aplikasi online:
Jika memilih mendaftar dengan cara kedua, pelamar mengajukan aplikasi beasiswa ILEP secara online di website IREX: http://oas.irex.org/ilep
Buatlah akun terlebih dahulu di website tersebut, kemudian isi formulir serta unggah dokumen aplikasi (format PDF) yang diminta berikut:
1. Dua surat rekomendasi dan dukungan institusi (formulir bisa diunduh pada aplikasi online)
2. Identitas diri (KTP atau paspor)
3. Ijazah dan transkrip
4. Skor TOEFL/IELTS
5. Curriculum vitae
Pengajuan beasiswa tersebut paling lambat 15 April 2017.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ILEP 2017 dapat disampaikan melalui email: infofulbright_ind@aminef.or.id atau melalui website Aminef (www.aminef.or.id). Selamat mencoba!

Komentar