Beasiswa S1 di Singapura dari Goh Keng Swee (GKS) Scholarship

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S1 di Singapura dari Goh Keng Swee (GKS) Scholarship
Dr Goh Keng Swee (GKS) Scholarship. Namanya mungkin tidak sefamiliar beasiswa di Singapura lainnya. Beasiswa ini memang sedikit berbeda. Pemberian nama beasiswa diambil dari salah seorang tokoh Singapura, Dr Goh Keng Swee. Seorang ekonom yang juga mantan Wakil Perdana Menteri Singapura di era 1968 – 1984. Menariknya beasiswa GKS memberi kesempatan bagi pelajar di Asia Pasific, salah satunya Indonesia untuk memperoleh beasiswa penuh jenjang S1.
Ada sejumlah universitas terkemuka Singapura yang menjadi pilihan, di antaranya National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).
Beasiswa GKS dikelola oleh Association of Banks in Singapore (ABS). Tiap tahunnya 3 – 4 beasiswa penuh diberikan. Beasiswa meliputi biaya kuliah penuh serta biaya wajib lainnya, tiket PP Indonesia – Singapura, tunjangan pemeliharaan sebesar SGD 6.500 per tahun, tunjangan asrama, serta tunjangan penyisihan saat pertamakali tiba di Singapura sebesar SGD 200.
Pemberian beasiswa tersebut akan dievaluasi setiap tahunnya berdasarkan capaian akademik dan maksimum diberikan hingga empat tahun. Setelah menyelesaikan studi S1, kandidat diminta untuk bekerja selama 3 tahun di sebuah perusahaan Singapura atau perusahaan yang berbasis di Singapura di negara tempat tinggal.
Persyaratan: 
1. Beasiswa Dr GKS terbuka bagi pelamar yang berkewarganegaraan/memiliki paspor Brunei, Kamboja, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Philipina, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, Thailand, Laos, dan Myanmar.
2. Bersamaan mendaftar masuk ke NUS, NTU, SMU, atau SUTD. Sebagian besar program akan dipertimbangkan, kecuali program khusus seperti kedokteran. Pelamar harus mematuhi deadline pendaftaran universitas.
3. Memperlihatkan kualitas kepemimpinan serta memiliki prestasi akademik dan kegiatan co-kurikuler yang baik
4. Pernah ikut SAT, atau berjanji mengikuti tes SAT
Simak juga » Daftar Pilihan Beasiswa S1 yang Bisa Anda Coba

Dokumen aplikasi:

1. Laporan skor SAT
2. Hasil Ujian Nasional (UN)
3. Ijazah SLTA
4. 3 (tiga) surat rekomendasi
Pendaftaran: 
Pengajuan beasiswa cukup mudah. Pelamar hanya perlu mendaftar secara online di laman beasiswa GKS di https://www.gksscholarship.sg/app/gks/sp/. Buat akun terlebih dahulu. Setelah itu, unggah dokumen aplikasi yang diminta. Anda perlu men-scan dokumen yang diperlukan. Masing-masing ukuran file tidak lebih dari 2 MB.

Selain itu, pelamar juga perlu mendaftar ke salah satu universitas di Singapura yang ditetapkan di atas. Pendaftaran ini bisa dicek langsung di masing-masing website universitasnya.

Pendaftaran beasiswa GKS 2017 – 2018 dibuka hingga 10 Maret 2017. Sebaiknya pelamar mengirimkan aplikasi tersebut sebelum deadline berakhir. Pelamar yang masuk pemeringkatan akan diminta untuk mengikuti tes wawancara pada akhir Mei di Singapura. Biaya ditanggung sendiri oleh pelamar atau jika pelamar tidak bisa ke Singapura dapat dipertimbangkan melalui Skype.
Bagaimana, tertarik mencobanya? Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa disampaikan melalui email: GKS_Scholarships@abs.org.sg atau melalui laman ABS. Semoga berhasil!

Komentar