Beasiswa S2 Internasional 2017-2018 di ENS de Lyon

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 Internasional 2017-2018 di ENS de Lyon
Kampus di Perancis ini terbilang rutin menyediakan beasiswa kuliah yang bisa dilamar mahasiswa asing. Ya, Ecole Normale Supérieure de Lyon (ENS de Lyon). Salah satu beasiswa S2 internasional 2017 – 2018 adalah Ampère Scholarships of Excellence. Beasiswa ini ditujukan untuk mengambil program master spesifik yang ada di ENS de Lyon. Meliputi program di bidang ilmu pasti, seni, humaniora, dan ilmu-ilmu sosial.
Penerima beasiswa ENS de Lyon akan memperoleh dukungan keuangan untuk studi di Prancis sebesar 1.000 Euro per bulan (± Rp 14 juta) selama setahun, dan memungkinkan dilakukan perpanjangan untuk tahun kedua. Namun, perlu dipahami beasiswa S2 ini bukanlah beasiswa penuh, sehingga kebutuhan studi lainnya, seperti akomodasi, biaya kuliah, dll, masih perlu dibiaya sendiri oleh penerima beasiswa atau mencari sumber pendanaan lain.
Persyaratan: 
1. Warganegara non Prancis (mahasiswa internasional)
2. Pelamar berusia maksimal 26 tahun pada tanggal penutupan aplikasi (lahir setelah 11/01/1991).
3. Kandidat yang mendaftar ke program master 1 tahun (M1) merupakan lulusan sarjana berlisensi (setara dengan 180 kredit ECTS Eropa), atau kualifikasi setara yang diakui oleh ENS de Lyon.
4. Kandidat yang mendaftar ke program master 2 tahun (M2) harus telah menyelesaikan studi program master 1 tahun (M1) (setara dengan 240 kredit ECTS Eropa), atau memperoleh kualifikasi setara yang yang diakui oleh ENS de Lyon (contoh: MPhil)
5. Kemampuan berbahasa:
   ▪ Jurusan seni, humaniora, dan ilmu sosial
     Memiliki kompetensi memadai dalam berbahasa Perancis untuk mengambil perkuliahan yang      diajukan. Direkomendasikan level C1. Calon juga harus menunjukkan sertifikat mahir      berbahasa Perancis berdasarkan Common European Framework of Reference of Language (CEFRL). Misalnya DALF.
   ▪ Jurusan sains
     Memiliki kompetensi memadai dalam berbahasa Perancis dan/atau Inggris untuk mengambil      kuliah yang dilamar. Calon juga harus menunjukkan sertifikat mahir dalam bahasa      Perancis: misalnya DALF, DELF, TCF dan dalam bahasa Inggris: IELTS atau tes TOEFL.
Dokumen aplikasi:

1. Dua surat referensi dari profesor (Unduh)
2. Motivation letter
3. Curriculum vitae
4. Salinan ijazah dan transkrip sarjana (diterjemah ke bahasa Prancis atau Inggris)
5. Bagi Anda yang mendaftar untuk program master Seni, Humaniora, Bahasa, atau Ilmu Sosial, cantumkan:
– Ringkasan proyek penelitian dalam bahasa Perancis (maksimum 3 halaman).
– Sertifikat kemampuan bahasa Perancis: DALF, DELF, TCF
6. Jika Anda mendaftar di program ilmu pasti, cantumkan:
– Sertifikat kemampuan bahasa Perancis (DALF, DELF, TCF) dan dalam bahasa Inggris (IELTS atau TOEFL)
– Jika Anda tidak menggunakan bahasa Perancis, harap sertakan surat yang menyatakan hal ini
7. Jika Anda mendaftar ke program master “Architecture de I’information”, harap lengkapi kuosioner akademik (Unduh)

Pendaftaran: 
Lengkapi formulir aplikasi online yang disediakan ENS de Lyon. Buat akun terlebih dahulu. Kemudian unggah dokumen aplikasi yang diminta di dalam formulir.
Jika aplikasi Anda diterima, Anda akan memperoleh surat pemberitahuan pra pendaftaran serta prosedur yang perlu dilakukan selanjutnya. Hasil seleksi akan tersedia melalui laman ENS de Lyon (www.ens-lyon.fr).
Pengajuan aplikasi sudah harus dilakukan paling lambat 9 Januari 2017. Informasi lebih lanjut terkait pengajuan beasiswa di ENS de Lyon bisa menghubungi Tel: +33 4 37 37 66 82 atau Email: ampere.scholarship@ens-lyon.fr

Komentar