Beasiswa S1 di Imam Abdulrahman bin Faisal University, Arab Saudi

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S1 di Imam Abdulrahman bin Faisal University, Arab Saudi

Arab Saudi saat ini menawarkan beasiswa di Imam Abdulrahman Bin Faisal University yang terletak di Dammam Provinsi Timur, Kerajaan Saudi Arabia. Beasiswa ini ditawarkan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang berminat untuk melanjutkan kuliah S1 dalam program studi Islam dan umum pada tahun ajaran 1438-1439 H atau 2017-2018.

Fakultas umum yang tersedia di universitas ini diantaranya Fakultas Teknik Komputer, Teknik Mesin, Arsitektur, Bisnis, dan Perminyakan. Sedangkan untuk program Studi Islam terdapat dua fakultas yang tersedia yaitu Fakultas Syariah Wal Qonun dan Tarbiyah (Tarbiyah Umum dan Quran Psikologi).

Dalam proses kuliah nantinya, mahasiswa yang mengambil Jurusan Umum tidak diharuskan mahir berbahasa Arab, karena bahasa Arab hanya merupakan bahasa pengantar seperti untuk pengajuan pendaftaran beasiswa. Jadi bagi
mahasiswa asing yang ingin mengambil Jurusan Umum sebaiknya lebih memperdalam bahasa Inggris, karena saat memasuki Sanah Takhdhiriyyah (Tahun Persiapan), nilai bahasa Inggris sangat mempengaruhi nilai lainnya. Sedangkan untuk Jurusan Agama, mahasiswa asing mutlak diwajibkan bisa berbahasa Arab.

Persyaratan Umum:
1. Merupakan warga negara di luar Arab Saudi dan menyelesaikan studi SMA/Sederajat di luar Arab Saudi.
2. Berusia antara 17 s/d 25 tahun.
3. Peserta tidak sedang mendapatkan beasiswa dari institusi pendidikan lainnya di Arab Saudi.
4. Seluruh dokumen, sertifikat, dan identitas persyaratan harus diverifikasi dan disahkan oleh Kedubes Arab Saudi pada masing-masing negara asal peserta.
5. Peserta sebelumnya tidak pernah dikeluarkan dari institusi pendidikan manapun di Arab Saudi.
6. Peserta wanita harus memiliki wali laki-laki sesuai dengan peraturan di Arab Saudi. Wali tersebut harus memiliki beasiswa, Iqama (KTP Arab Saudi) yang sah, atau aplikasi untuk bekerja pada perusahaan tertentu.
7. Peserta harus lolos tes kesehatan yang diminta oleh Universitas.
8. Universitas mungkin membutuhkan rekomendasi dari salah satu badan, institusi, atau otoritas pemerintah atau swasta yang bersangkutan di negara asal.
9. Mampu berbahasa Inggris (untuk peserta yang mendaftar Fakultas Umum).

Dokumen:
Berkas dokumen yang diminta (dalam bentuk softcopy):
1. Ijazah dan nilai kelulusan SMA/MA/SMK/Sederajat.
2. Akte Kelahiran.
3. KTP.
4. Surat Keterangan Berkelakuan Baik.
5. Surat Keterangan Mampu Berbahasa Arab dengan baik (untuk masuk fakultas syari’ah atau tarbiyah dari lembaga, dan sebagainya).
6. Curriculum Vitae atau data lengkap calon penerima beasiswa.
7. Scan paspor.
8. Pasfoto berwarna ukuran 4×6.
9. Pasfoto berwarna background putih.
10. Surat Medical Check-Up (wajib ada apabila diterima).
11. Surat Rekomendasi / Tazkiyah (dari lembaga, organisasi/tokoh, dan sebagainya).

Note: Seluruh berkas diatas wajib diterjemahkan ke dalam bahasa Arab, apabila bahasa asli menggunakan bahasa Indonesia. Contoh: Akte Kelahiran dalam bahasa Indonesia diterjemahkan ke dalam bahasa Arab menggunakan jasa penerjemah tersumpah.

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar beasiswa kuliah di Arab Saudi, sebelumnya wajib men-scan seluruh berkas dokumen di atas dalam format PDF. Kemudian baca syarat dan ketentuannya di sini.

Selanjutnya lengkapi data-data yang diminta dan upload dokumen pada form yang disediakan. Pendaftaran akan ditutup pada 12 Agustus 2017. Setelah selesai mendaftar, diharapkan untuk menyimpan Nomor Registrasinya. Bagi yang serius dapat menghubungi: moertap.campus@gmail.com; Whatsapp: +628568860001, +966531467543, untuk menindaklanjuti pengajuan berkas bagi mahasiswa Indonesia, dengan mencantumkan nama dan fakultas yang dituju. Semoga berhasil!

Komentar