Beasiswa S1 Fotografi & Perfilman di Institut Kesenian Jakarta

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Dalam Negeri / Beasiswa S1 Fotografi & Perfilman di Institut Kesenian Jakarta

Satu lagi beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah RI kepada lulusan SMA/SMK/Sederajat di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini tengah menawarkan Beasiswa Unggulan Kelas Khusus Tahun Ajaran 2017/2018 kepada lulusan SMA/SMK/Sederajat untuk melanjutkan kuliah S1 di Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta. Beasiswa S1 fotografi & perfilman ini ditujukan bagi putra-putri terbaik bangsa yang berprestasi di bidang perfilman, fotografi, dan penulisan kreatif.

Sasaran Calon Peserta:
1. Merupakan lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2015, 2016, dan 2017 yang berusia maksimal 21 tahun pada saat mendaftar.
2. Tidak sedang menerima beasiswa lainnya baik dari dinas, lembaga atau instansi lain.
3. Mempunyai karya film / karya foto / karya tulis berbentuk novel atau cerpen yang diproduksi pada tahun 2015 – 2017 dan karya tersebut meraih penghargaan di tingkat nasional.
4. Nilai Ujian Nasional minimal rata-rata 8,0.

Persyaratan Peserta:
1. Berijazah SMA/SMK/MA/Sederajat.
2. Menyerahkan fotocopy ijazah serta daftar nilai rangkap 2 (dua) yang telah dilegalisir pihak sekolah. Bagi siswa yang ijazahnya belum keluar, dapat menyerahkan Surat Keterangan Lulus dari sekolah asal.
3. Fotocopy nilai rapor kelas X, XI dan XII yang telah dilegalisir.
4. Nilai Ujian Akhir Nasional minimal 8,0.
5. Pas foto berwarna ukuran 3×4 = 3 lembar dan 2×3 = 3 lembar.
6. Sertifikat/penghargaan/prestasi di bidang film sebagai sutradara/produser/penulis skenario/penata kamera/penata suara/penata artistik/editor, bidang fotografi, dan bidang penulisan novel atau cerpen.
7. Copy karya di bidang film/foto/karya tulis.
8. Surat Keterangan Catatan Kepolisan (SKCK) dari Kepolisian (asli) dan 1 (satu) lembar fotocopy yang telah dilegalisir.
9. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Rumah Sakit.
10. Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Rumah Sakit.
11. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari RSKO Jakarta dan RS Fatmawati Jakarta. Bagi calon mahasiswa di luar Jabodetabek dapat melakukan pemeriksaan di BNND / BNNP / RSUD setempat.
12. Fotocopy KTP Orang Tua atau Wali sebanyak 1 (satu) lembar.
13. Fotocopy Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar.
14. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,- mengenai kesediaan menerima sanksi Drop Out (DO) apabila terbukti menggunakan Narkoba selama berkuliah di Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta.

Pendaftaran:
Untuk mendaftar Beasiswa Unggulan Kelas Khusus FFTV di IKJ dapat melalui 2 (dua) cara. Pilih salah satu.
1. Mendaftar secara online melalui website resmi FFTV IKJ pada link berikut: www.pmbfftvikj.net. Scan seluruh persyaratan dokumen di atas, kemudian unggah (upload) pada website tersebut.
2. Mendaftar secara langsung dengan datang ke Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta yang bertempat di:
Kompleks Taman Ismail Marzuki
Gedung Fakultas Film dan Televisi
Institut Kesenian Jakarta
Jl. Cikini Raya No. 73 Menteng – Jakarta
Siapkan seluruh dokumen persyaratan di atas, kemudian serahkan ke bagian Penerimaan Mahasiswa Baru.

Batas waktu pendaftaran sampai dengan tanggal 31 Mei 2017. Para kandidat yang lolos seleksi administrasi, akan dihubungi oleh panitia tanggal 20 Juni 2017. Selanjutnya kandidat akan mengikuti tes tulis dan wawancara pada tanggal 8 Juli 2017. Hasil tes akan diumumkan pada 18 Juli 2017. Perlu dicatat, bahwa seluruh proses pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya.

Informasi lebih detail terkait beasiswa S1 di Institut Kesenian Jakarta dapat mengunjungi laman resminya pada: www.fftv.ikj.ac.id. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar