Beasiswa BCA PPA PPTI untuk Lulusan SMA/SMK

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Dalam Negeri / Beasiswa BCA PPA PPTI untuk Lulusan SMA/SMK

Hai Sobat Beasiswa.ID! Selain informasi Magang Bakti BCA yang saat ini sedang ditawarkan, ada juga program lain yang saat ini sedang ditawarkan oleh Bank BCA bagi pelajar Indonesia. Program Beasiswa PPA PPTI tahun 2019, merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) ditujukan bagi lulusan SMA/Sederajat yang berprestasi namun terkendala finansial. Beasiswa ini merupakan program non-gelar dalam bidang akuntansi dan teknik informatika dimana para peserta program tidak dipungut biaya sepeserpun.

1. Program Pendidikan Akuntansi BCA (Beasiswa PPA BCA)
Beasiswa PPA BCA telah diluncurkan sejak tahun 1996 yang didukung oleh staf pengajar berkualitas dari para profesional dan dosen dari universitas terkemuka di Indonesia. Selama masa pendidikan, para peserta tidak akan dipungut biaya. Bahkan peserta akan mendapatkan uang saku dan fasilitas berupa buku-buku pelajaran serta pemeriksaan kesehatan sesuai dengan kebijakan perusahaan. Melalui Beasiswa PPA, peserta akan mendapatkan pembekalan soft skill, seperti leadership, team work, pembentukan karakter, grooming, dan financial planning. Program ini akan berlangsung selama 30 bulan dan menggunakan sistem gugur dengan standar kelulusan yang ketat. Selain kegiatan di kelas, peserta juga akan mengikuti on the job training di lingkungan BCA dan berkesempatan bergabung sebagai magang hingga menjadi karyawan BCA saat lulus. Saat ini dibuka 3 kelas untuk PPA berisi 40-45 orang per kelas.

2. Program Pendidikan Teknik Informatika (Beasiswa PPTI BCA)
Beasiswa PPTI BCA diselenggarakan guna mengimbangi peningkatan kebutuhan SDM dan perkembangan Teknologi Informatika (TI) pada industri perbankan.

Secara umum, materi yang diberikan pada program ini setara dengan materi S1 Teknik Informatika, namun diperkaya dengan beberapa materi pengembangan diri.

Program PPTI Non-Gelar berlangsung selama 30 bulan dan menggunakan sistem gugur dengan standar kelulusan yang ketat. Sama halnya dengan PPA, para peserta program PPTI tidak dipungut biaya, bahkan mereka mendapatkan uang saku dan fasilitas berupa buku-buku pelajaran serta pemeriksaan kesehatan sesuai kebijakan perusahaan.

Selain kegiatan di kelas, peserta juga berkesempatan magang di unit kerja Kantor Pusat BCA. Setelah menyelesaikan program, BCA juga akan memberikan penawaran kepada mereka untuk bekerja sebagai karyawan BCA, apabila perusahaan membutuhkan. Pada akhir tahun 2015, peserta PPTI tercatat ada 91 orang.

Perlu diketahui, bagi peserta dari Nonjabodetabek untuk keberangkatan pertama kali sebelum kelas dimulai, biaya tiket transportasi penerbangan / travel / kereta ke Jakarta akan ditanggung oleh BCA. Sedangkan bagi peserta dari Jabodetabek, tersedia shuttle bus dari beberapa titik menuju BCA Learning Institute tanpa dipungut biaya apapun.

PERSYARATAN:
1. Merupakan Warga Negara Indonesia.
2. Merupakan lulusan SMA/SMK atau siswa/siswi SMA/SMK kelas III. Untuk program PPA terbuka untuk SMA/SMK dari semua jurusan, sedangkan program PPTI hanya terbuka untuk SMA IPA dan SMK Teknik yang berkaitan dengan Teknologi Informasi.
3. Berusia maksimum 19 tahun.
4. Memiliki rata-rata nilai rapor kelas I s/d III minimal 7,50.
5. Untuk Program PPA: Siswa memiliki rata-rata nilai Matematika (SMA IPA,IPS) atau nilai Produktif (khusus SMK) minimal 7,50.
6. Untuk Program PPTI: Siswa memiliki rata-rata nilai Matematika (SMA IPA dan SMK Teknik yang berkaitan dengan Teknologi Informasi) atau nilai Produktif (khusus SMK) minimal 7,50.
7. Tidak pernah tinggal kelas dari SD, SMP, hingga SMA/SMK.
8. Tidak pernah terlibat narkoba dan pelanggaran hukum lainnya.
9. Lulus dalam proses seleksi.

CARA MENDAFTAR:

Untuk mengikuti Beasiswa PPA PPTI BCA 2019, peserta dapat mengisi formulir pendaftaran online pada link berikut: Pendaftaran PPA (klik di sini) dan Pendaftaran PPTI (klik di sini).

Klik tulisan “Daftar Online” untuk mengisi formulir online. Pilih kota seleksi untuk psikotes tertulis sesuai dengan domisili. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 31 Agustus 2018.

YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MENDAFTAR:

1. Bagi siswa yang sedang menempuh pendidikan di jenjang SMA/SMK dan minimal sedang berada di semester 4, dapat mengisi data di form pendaftaran dengan mendownload form SMA/SMK Belum Lulus dan mengisinya dengan nilai rapor semester 1 – 3.

2. Bagi siswa yang telah lulus SMA/SMK, dapat mengisi data di form pendaftaran dengan mendownload form SMA/SMK Sudah Lulus dan mengisinya dengan nilai rapor semester 1 – 6.

3. Apabila belum memiliki KTP, dapat menuliskan nomer NIK yang terdapat pada Kartu Keluarga.

PROSES SELEKSI:

Adapun proses seleksi penerimaan meliputi:
1. Tes Administrasi
Tes Administrasi merupakan proses seleksi berkas yang telah diisi pada formulir pendaftaran untuk menentukan peserta yang paling sesuai dengan kualifikasi dan kuota yang BCA tetapkan. Peserta yang lolos kualifikasi awal dan terpilih, akan dihubungi untuk mengikuti tahapan tes selanjutnya via email.

2. Tes Online
Tes Online merupakan tes kecerdasan dan kepribadian yang dilakukan secara online. Petunjuk pengerjaan tes online akan dikirimkan ke email peserta yang dimasukkan saat pendaftaran. Undangan tes online akan dikirimkan dari email invitation@asi-asiapacific.com.

Jadwal Tes Online yang akan dilaksanakan:

 

Jabodetabek: Minggu pertama dan ketiga setiap bulan (April 2018 s.d September 2018)
Non Jabodetabek: September 2018

3. Psikotes tahap 1 & 2
Seleksi Psikotes berisi tes mengenai kecerdasan umum, tes kepribadian dan kecerdasan lanjutan. Seleksi psikotes dilaksanakan pada kota-kota seleksi yang telah dipilih peserta saat mengisi Formulir Pendaftaran.
– Untuk peserta JABODETABEK, Psikotes Tertulis akan dilaksanakan dalam durasi 2-4 minggu setelah Tes Online.
– Untuk peserta NON JABODETABEK, Psikotes Tertulis akan dilaksanakan pada September s.d Oktober 2018

4. Interview 1
5. Interview 2
6. Tes Kesehatan

Setiap proses seleksi berlaku sistem gugur, sehingga apabila tidak lolos pada salah satu tahap tes, maka peserta tidak dapat melanjutkan ke proses seleksi selanjutnya.

Apabila ada hal yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa PPA PPTI BCA 2019 dapat menghubungi Kantor Pusat BCA pada nomer telp. (021) 25563000, email: recruitment@bca.co.id, atau mengunjungi laman resminya pada karir.bca.co.id. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Sumber : Indbeasiswa.com

Komentar