Beasiswa Turkiye Diyanet Foundation (TDV) untuk SMA

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa Turkiye Diyanet Foundation (TDV) untuk SMA

Hai sobat Beasiswa.ID, selain beasiswa Pemerintah Turki (YTB) untuk kuliah S1, S2, dan S3, ada juga Beasiswa Turki khusus untuk tingkat SMA yang ditawarkan oleh Turkiye Diyanet Foundation (TDV). Nah, beasiswa ini terbuka untuk adik-adik yang sedang duduk di bangku SMP dan ingin melanjutkan sekolah setingkat SMA di Turki. Program beasiswa SMA di Turki ini sering disebut Beasiswa TDV dan saat ini sedang dibuka pendaftaran untuk Tahun Ajaran 2018-2019. Berikut penjelasan persyaratan dan cara pendaftarannya.

Para peserta nantinya akan menjalankan studi setingkat SMA di Imam Khatip High School yang menekankan pada penguasaan Ilmu Agama. Dalam kurikulum pembelajarannya, terdapat kesamaan dengan pembelajaran di SMA pada umumnya, selain mata pelajaran umum juga ada mata pelajaran kejuruan pendidikan Islam. Setelah lulus dari sekolah ini, para peserta juga dapat melanjutkan pendidikan ke tingkatan Sarjana atau program lainnya.

Tujuan diselenggarakan Program TDF International Imam Khatip High School Scholarship Program:
1. Untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan pada masyarakat Muslim.
2. Untuk melatih orang-orang berkualitas di setiap aspek Islam yang dapat memberikan keuntungan pada lingkungan mereka dengan pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan.
3. Membangun jembatan kebudayaan antara Turki dan masyarakat terkait.
4. Untuk membagikan pengalaman dalam bidang Islam dan pendidikan Islam.

Cakupan pembiayaan Beasiswa SMA di Turki (TDV):
1. Gratis biaya sekolah di Imam Khatip High School
2. Tiket pesawat pulang pergi Turki-Indonesia setiap tahun
3. Biaya pakaian dan alat tulis
4. Tunjangan bulanan
5. Asuransi kesehatan tahunan
6. Akomodasi (asrama gratis, makan 3x sehari) dan fasilitas lainnya (wifi, dll)
7. Gratis camp musim panas (berisi tambahan kursus bahasa Turki, bahasa Arab, dan Quran termasuk kegiatan olahraga, renang, dan rekreasi lainnya)
8. Gratis kegiatan ekstrakurikuler (Qur’an, Bahasa Turki, Matematika,
Bahasa Arab, Tafsir, Fikih, Hadith, Bahasa Inggris, dll.)

Persyaratan Beasiswa SMA di Turki / Beasiswa TDV:
1. Bukan merupakan warganegara Turki.
2. Lahir setelah tanggal 1 Januari 2002.
3. Single atau belum menikah.
4. Telah menyelesaikan pendidikan 8 tahun dengan nilai minimal 70% dari nilai maksimal (misal: nilai minimal 70 apabila nilai standard maksimal adalah 100). Dalam hal ini siswa harus telah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMP atau saat ini berada di kelas 9 SMP.
5. Tidak pernah mendapatkan hukuman atau Surat Peringatan (SP) dari sekolah.
6. Tidak pernah mengulang atau dikeluarkan dari sekolah dengan masa lebih dari dua tahun tanpa alasan yang sah setelah menyelesaikan sekolah menengah.
7. Sebelumnya tidak pernah mengikuti Sekolah Dasar di Turki.
8. Tidak memiliki masalah kesehatan baik secara mental atau fisik atau dapat menghambat studi di Turki.
9. Keluarga siswa harus tinggal di luar Turki.
10. Bukan merupakan pengungsi dan tidak tinggal bersama keluarga di Turki.
11. Tinggal di negara asal (Indonesia), dimana pelamar merupakan warganegara Indonesia.

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Salinan resmi ijazah SMP/Sederajat. Apabila masih di kelas 9 maka dapat diganti dengan Transkrip Nilai dari kelas 7 hingga kelas 9 semester pertama.
2. Salinan resmi transkrip nilai/raport SMP.
3. Salinan Kartu Identitas atau Pasport.
4. Surat Keterangan Sehat dari Dokter/Puskesmas/Rumah Sakit yang menerangkan bahwa siswa tidak memiliki masalah kesehatan yang dapat mengganggu selama studi di Turki.
5. Pasfoto ukuran 4,5x6cm sebanyak 6 lembar.
6. Visa untuk pendidikan.
7. Salinan resmi Akte Kelahiran.
8. Surat ijin dari orang tua atau wali untuk siswa dapat menjalani studi di Turki.
9. Surat Penyetaraan dalam bahasa Turki. Surat Penyetaraan ini bisa didapatkan dari Kedutaan Besar Turki di Jakarta atau apabila tidak bisa, siswa dapat membuatnya di Kementerian Pendidikan di Turki setelah sampai di Turki.
Alamat Kedutaan Besar Turki di Jakarta:
Jl. H.R. Rasuna Said, Kav. 1, Kuningan
Jakarta Selatan – 12950
Telp. 021-5256250

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar Beasiswa SMA di Turki oleh TDV, siswa dapat mendaftarkan diri secara online pada link berikut: tbbs.turkiyeburslari.gov.tr.

Apabila belum memiliki akun, daftarkan email dan data diri singkat dengan klik tulisan Register. Selanjutnya anda harus mengecek email untuk mengaktifkan akun anda. Masukkan email dan password untuk login pada link di atas, dan isikan data-data yang diminta. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 31 Maret 2018. Pengumuman peserta yang lolos ke tahap wawancara diadakan pada 15 April s/d 1 Mei 2018 yang diberitahukan via email. Selanjutnya proses wawancara akan diadakan pada 15 Mei s/d 15 Juni 2018 di Kedubes Turki di Jakarta. Pengumuman hasil akhir akan dilaksanakan pada 15 Juni s/d 15 Juli 2018.

Topik wawancara meliputi kemampuan membaca Al-Quran, pengetahuan dasar Islam, pengetahuan umum, tingkah laku sehari-hari, ekspresi diri, keterampilan khusus dan visual, serta kemampuan bahasa. Informasi lebih detail dapat menghubungi kontak berikut:
Telp:
+90 312 416 9276
+90 312 416 9279
+90 312 416 9284
Email: egitim@tdv.org
Website: burs.tdv.org

Referensi: INDbeasiswa