Beasiswa S2 dari Pemerintah Prefektur Aichi, Jepang

Home / Info Beasiswa / Beasiswa Luar Negeri / Beasiswa S2 dari Pemerintah Prefektur Aichi, Jepang

Hai Sobat Beasiswa.ID! Beasiswa S2 Jepang kali ini ditawarkan oleh Pemerintah Prefektur Aichi di Jepang dalam skema Aichi Scholarship Program. Beasiswa ini ditawarkan bagi pelajar di kawasan Asia untuk melanjutkan studi S2 pada bidang yang berkaitan dengan industri manufaktur di Aichi. Setelah menyelesaikan masa studi, para penerima beasiswa diharapkan dapat mencari pekerjaan di kawasan Aichi.

Baca Juga : Beasiswa S2 di Université Paris-Saclay, Perancis

KUOTA BEASISWA: 5 orang setiap tahunnya.

DURASI PENERIMAAN BEASISWA:
Beasiswa akan diberikan selama 2 tahun 6 bulan (6 bulan sebagai Research Student dan 2 tahun sebagai Master’s Course Student) mulai Oktober 2019 s/d Maret 2022.

Program Beasiswa Jepang ini akan dilaksanakan pada universitas yang terletak di provinsi Aichi, sebagai berikut:
1. Toyohashi University of Technology
2. Nagoya University
3. Aichi University
4. Chukyo University

Daftar lengkap universitas lainnya bisa dibuka pada link berikut:
List of Universities in Aichi

CAKUPAN BEASISWA:

  1. Tunjangan hidup sejumlah 150.000 yen (± Rp 18,9juta) setiap bulan.
  2. Tiket pesawat Indonesia ke Jepang.
  3. Biaya tes masuk, biaya masuk kuliah, serta gratis biaya perkuliahan studi Master maupun Riset.

PERSYARATAN:

  1. Merupakan warganegara dan tinggal pada salah satu negara Asia yang telah ditentukan (termasuk Indonesia).
  2. Berusia kurang dari 35 tahun per tanggal 1 April 2019 atau lahir pada/setelah 2 April 1984.
  3. Peserta memiliki gelar Sarjana/setara atau akan menyelesaikan studi S1 pada akhir Maret 2019.
  4. Peserta harus mengambil bidang studi S2 yang relevan dan mendukung industri manufaktur di kawasan Aichi.
  5. Memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik.
  6. Memiliki kemampuan bahasa Jepang yang baik yang akan digunakan dalam proses belajar dan mencari pekerjaan di Aichi (saat mendaftar peserta tidak harus memiliki kemampuan bahasa Jepang, tetapi setidaknya harus memiliki keinginan dan usaha untuk menguasai bahasa Jepang sebelum masa studi dimulai).
  7. Berkeinginan untuk mencari kerja pada perusahaan yang berlokasi di Provinsi Aichi, Jepang.
  8. Pada tahun pertama studi Master, peserta harus berpartisipasi pada program internship (magang) di perusahaan yang dikenalkan oleh Pemerintah Prefektur Aichi.
  9. Tidak sedang mendapatkan beasiswa atau bantuan dari organisasi lainnya, termasuk Beasiswa Pemerintah Jepang maupun Beasiswa dari Pemerintah Indonesia. Selain itu, suami/istri peserta tidak sedang mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Prefektur Aichi.
  10. Peserta harus sudah tiba di Jepang sebelum Oktober 2019.
  11. Diterima sebagai research student pada universitas atau sekolah pascasarjana yang terletak di Aichi periode Oktober 2019 s/d Maret 2020.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:

  1. Formulir Pendaftaran (Form 1)
  2. Pledge (Form 2)
  3. Sertifikat kesehatan yang dikeluarkan dalam 6 bulan terakhir (Form 3)
  4. Bukti tanda kelulusan berupa salinan resmi Ijazah atau Surat Keterangan Status Mahasiswa dan Keterangan Lulus Sementara (bagi peserta yang masih berkuliah).
  5. Salinan resmi Transkrip Nilai
  6. Salinan resmi Paspor (jika belum punya paspor bisa melampirkan salinan Akta Kelahiran atau KTP).
  7. Surat Rekomendasi yang ditulis dalam bahasa Inggris untuk Gubernur Prefektur Aichi yang dikeluarkan oleh Dosen/Kepala Jurusan (atau posisi yang lebih tinggi) dari universitas sebelumnya
  8. 3 (tiga) lembar pas foto ukuran paspor (4×3 cm) yang diambil dalam 6 bulan terakhir. Tulis nama dan asal negara pada bagian belakang tiap foto. Salah satu foto ditempelkan pada formulir pendaftaran.

Note:
Seluruh dokumen di atas harus menggunakan bahasa Jepang atau Inggris. Apabila dokumen masih menggunakan bahasa Indonesia, bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkannya.

CARA MENDAFTAR:
Untuk mendaftar Aichi Scholarship, peserta harus mendaftar pada salah satu universitas/sekolah pascasarjana di prefektur Aichi (lihat Daftar Universitas di Aichi yang tertera di atas). Ikuti langkah-langkah pendaftaran yang diberikan. Sebagai contoh, apabila anda memilih studi S2 di Toyohashi University of Technology, maka anda harus masuk pada website resmi universitas tersebut (www.tut.ac.jp) kemudian cari bagian Scholarship dan ikuti langkah-langkah pendaftaran yang diberikan.

Selanjutnya peserta diwajibkan menghubungi supervisor akademik pada kampus tujuan. Sebagai contoh, pada kampus Toyohashi University of Technology, peserta dapat memilih supervisor akademik pada link berikut:
Department Information dan Faculty Members List. Kemudian siapkan persyaratan dokumen yang disebutkan di atas.

Baca Juga : Beasiswa S2 di Universitas Pertahanan Indonesia

Pihak universitas/sekolah pascasarjana di Aichi akan mengirimkan formulir pendaftaran peserta ke panitia Aichi Scholarship sebelum 17 MEI 2019. Oleh karena itu, sebaiknya peserta dapat menghubungi supervisor/profesor pada universitas di Aichi mulai sekarang supaya dapat mengikuti beasiswa ini. Pihak panitia Aichi Scholarship akan menyeleksi dan memberitahukan hasil seleksi pada akhir Juli 2019 melalui universitas/sekolah pascasarjana di Aichi.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Aichi Scholarship dapat dibaca pada link berikut: Panduan Pendaftaran atau menghubungi kontak berikut:
E-mail: kokusai@pref.aichi.lg.jp
Sumber Informasi Resmi: https://www.pref.aichi.jp/soshiki/kokusai/aichi-scholarship-program.html
Silakan dibagikan pada rekan-rekan yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

Komentar

%d bloggers like this: