Beasiswa Pertukaran Pelajar SMA/Sederajat Bina Antarbudaya

Halo para pencari beasiswa yang saat ini sedang duduk di tingkat 1 SMA/SMK/sederajat. Kali ini Beasiswa.ID mau kasih info menarik buat kamu sekalian. Informasi kali ini datang dari Bina Antarbudaya yang secara rutin menawarkan Program Pertukaran Budaya AFS. Beasiswa pertukaran pelajar ini ditujukan khusus bagi pelajar SMA/SMK/sederajat tingkat 1 seluruh Indonesia yang ingin mengikuti berbagai kegiatan dan bersekolah di SMA luar negeri selama satu tahun, seperti di Amerika Serikat, Jepang, Belgia, Brazil, Meksiko, Rusia, Thailand, Filipina, dan masih banyak lagi.

pertukaran pelajar sma smk luar negeri bina antarbudaya afs

Bina Antarbudaya merupakan organisasi pendidikan antarbudaya berbasis relawan, yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan antarbudaya secara global. Sejak tahun 1985, Bina Antarbudaya telah mengirimkan lebih dari 3000 siswa Indonesia dan menerima lebih dari 1500 siswa asing dari berbagai negara. Organisasi ini juga bekerjasama dengan AFS Intercultural Programs, sebuah organisasi pertukaran antarbudaya terbesar di dunia yang beroperasi pada lebih dari 60 negara di lima benua.
Dalam Program Pertukaran ini, kamu akan mendapatkan berbagai hal baru, mulai dari teman baru, budaya baru, belajar bahasa asing, bahkan menjalani kehidupan dengan cara yang baru. Tidak hanya itu, di akhir program nanti, kamu juga akan mendapatkan keterampilan baru dimana tidak semua orang bisa mendapatkannya, yaitu: Kompetensi Antarbudaya. Keterampilan ini akan membuatmu mempunyai kemampuan beradaptasi di kebudayaan manapun. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai kemampuan lainnya, menjadi lebih mandiri, bertanggung jawab, dan lebih fleksibel. Semua itu akan sangat berguna pada jenjang kehidupanmu mendatang.

Dalam Program Pertukaran Antarbudaya AFS ini, kamu juga akan bersekolah di SMA negara setempat dan merasakan lingkungan belajar yang berbeda dengan sekolah di Indonesia. Kamu akan mendapatkan mengalami secara langsung metode pembelajaran di luar negeri. Selain itu, kamu juga dapat melibatkan diri dalam berbagai kegiatan baik di lingkungan AFS maupun di masyarakat sekitar. Berbagai eksplorasi dapat dilakukan selama menjadi siswa program pertukaran antarbudaya. Tentunya ini adalah pengalaman yang luar biasa! Sebagai siswa pertukaran antarbudaya AFS, kamu akan tinggal dengan keluarga angkat yang akan menerimamu selayaknya keluarga mereka sendiri. Keluarga angkatmu akan bertindak sebagai keluarga, memberikan dukungan selama masa program, memastikan bahwa kamu sehat dan selamat, serta menjadi sumber terbaikmu untuk mempelajari budaya setempat. Memang tidak mudah tinggal jauh dari keluarga selama satu tahun. Tetapi jangan khawatir, karena Bina Antarbudaya dan AFS akan terus memberikan dukungan selama program supaya kamu dapat menyelesaikan program dengan lancar.

Persyaratan:
1. Merupakan siswa kelas 1 SMA/SMK/MA/sederajat di seluruh Indonesia.
2. Untuk keberangkatan tahun 2018, calon peserta lahir antara 1 Agustus 2000 s/d 1 Agustus 2002.
3. Mendapatkan persetujuan orang tua dan sekolah.
4. Merupakan Warga Negara Indonesia.
5. Sehat secara fisik, mental, dan spiritual.
6. Ikut serta dan lulus pada serangkaian tahap seleksi yang dilaksanakan oleh Bina Antarbudaya.

Cara Mendaftar:
1. Pendaftar menghubungi chapter terdekat. Informasi mengenai chapter di setiap kota di Indonesia bisa dilihat pada link berikut: Chapter.
2. Mengaktivasi PIN pada alamat website Pendaftaran Bina Antarbudaya.
3. Setelah melakukan aktivasi PIN, mulailah mengisi Formulir Online Registration secara teliti dan lengkap sesuai petunjuk diikuti dengan mengumpulkan berkas-berkas pendaftaran ke masing-masing Chapter.

Pendaftaran akan berlangsung dari tanggal 10 Maret 2017 s/d 15 April 2017. Informasi lebih detail mengenai Pertukaran Pelajar Bina Antarbudaya, silahkan mengunjungi laman resminya: afsindonesia.org atau menghubungi Contact Person Pendaftaran pada masing-masing chapter (di setiap kota terdekat).

Ayo kembangkan dirimu dan daftar sekarang juga. Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lainnya yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesan