Beasiswa SCG Sharing the Dream untuk Pelajar dan Mahasiswa

Hai Sobat Beasiswa.ID! Kabar baik bagi kamu pelajar SMA/Sederajat kelas 10 sampai 12 serta mahasiswa D4 dan S1! Ada tawaran beasiswa dari SCG (Siam Cement Group) yang bisa kamu ikuti! Beasiswa SCG Sharing the Dream kembali diselenggarakan untuk tahun 2024 dengan batas waktu pendaftaran sampai 9 Juni 2024.

SCG, perusahaan terkemuka ASEAN dengan tiga unit bisnis di Indonesia, yakni Semen dan Bahan Bangunan, Bahan Kimia, dan Kemasan, telah secara konsisten menyelenggarakan program beasiswa SCG Sharing the Dream selama lebih dari 1 dekade di Indonesia sejak tahun 2012. Beasiswa SCG Sharing the Dream adalah perwujudan komitmen ESG 4 Plus, khususnya dalam mengurangi kesenjangan sosial dan mendukung pembangunan Indonesia melalui pembukaan akses ke pendidikan, serta mendorong terbentuknya Generasi Hijau yang akan menciptakan perubahan nyata di lingkungan dan masyarakat.

Hingga 2023, Beasiswa SCG Sharing the Dream telah disalurkan kepada lebih dari 4.050 pelajar di Indonesia. Sejak 2018, SCG Sharing the Dream membuka program beasiswa untuk mahasiswa S1 yang merupakan penerima beasiswa di tingkat SMA/sederajat, dan sampai 2023, terdapat 53 mahasiswa terbaik yang memperoleh beasiswa dengan masa pemberian maksimal 4 tahun perkuliahan.

Selain di Indonesia, SCG Sharing the Dream juga diselenggarakan di lima negara ASEAN lainnya, yaitu Thailand, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina dengan total lebih dari 100.000 beasiswa telah tersalurkan.

Program Beasiswa SCG Sharing the Dream untuk SMA/Sederajat

Cakupan Beasiswa
  1. Dana pendidikan
  2. Berbagai kegiatan seru selama periode penerimaan beasiswa, seperti acara penganugerahan beasiswa dan aktivitas pengembangan diri.
Kategori Beasiswa SCG Sharing the Dream untuk SMA/Sederajat
  1. Jalur Umum: dibuka untuk siswa kelas 10, 11 dan 12 SMA atau sederajat yang berdomisili di Jakarta, Tangerang Selatan, Karawang, Sukabumi, Bogor, Bekasi, dan Gresik.
    Kuota penerima beasiswa: 380 siswa.
  2. Jalur Anak Pekerja Bangunan: dibuka untuk siswa kelas 10, 11 dan 12 SMA atau sederajat yang berdomisili di Sukabumi dan Cianjur.
    Kuota penerima beasiswa: 20 siswa.
  3. Bagi keluarga karyawan perusahaan SCG, domisili dan sekolah tidak perlu berasal dari daerah-daerah tersebut di atas
Kriteria Umum Penerima Beasiswa
  1. Memiliki kepedulian terhadap permasalahan lingkungan dan memiliki semangat berbagi kepada komunitas di sekitarnya.
  2. Memiliki sensitivitas terhadap isu atau permasalahan yang terjadi di sekitarnya.
  3. Membutuhkan bantuan keuangan untuk melanjutkan pendidikan.

Baca Juga : Beasiswa BSI untuk Pelajar SMA/Sederajat

Persyaratan Khusus Beasiswa untuk SMA/Sederajat
  1. Untuk pendaftar Beasiswa Jalur Umum:
    Merupakan siswa kelas 10 – 12 SMA atau sederajat berdomisili di Jakarta, Tangerang Selatan, Karawang, Sukabumi, Bogor, Bekasi, dan Gresik pada tahun ajaran 2024/2025. (Bagi anak karyawan perusahaan SCG, domisili dan SMA tidak perlu berasal dari daerah-daerah di atas).
  2. Untuk pendaftar Beasiswa Jalur Anak Pekerja Bangunan:
    Merupakan siswa kelas 10 – 12 SMA atau sederajat berdomisili di Sukabumi atau Cianjur pada tahun ajaran 2024/2025 dan merupakan anak dari pekerja bangunan.
  3. Siswa dengan disabilitas juga dapat mendaftar.
  4. Nilai rata-rata rapor minimum 75 dari dua semester terakhir, yaitu semester genap tahun ajaran 2022/2023 dan semester ganjil tahun ajaran 2023/2024.
  5. Tidak pernah terlibat tindak kriminal (penyalahgunaan narkotika dan miras, pemalsuan, pelecehan seksual dan tindakan asusila lainnya, tawuran, serta tindak kekerasan).
  6. Mengikuti semua kegiatan yang akan diadakan oleh program Sharing the Dream.
  7. Mengisi formulir registrasi daring dan melengkapi seluruh persyaratan, termasuk menjawab pertanyaan esai dengan baik. Esai dengan ide komunitas terbaik akan berkesempatan untuk diwujudkan.
    • Pertanyaan Esai 1: Yuk, amati lingkungan sekitarmu!
      Krisis iklim global tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga menimbulkan permasalahan ekonomi dan kesejahteraan di masyarakat. Amati lingkungan sekelilingmu (di sekitar rumah atau sekolah) dan tuliskan hasil observasimu. Pastikan hasil pengamatanmu mencakup hal-hal berikut:
      a. Pengaruh negatif apa yang disebabkan oleh krisis iklim, selain dari aspek/sisi lingkungan. Misalnya dari aspek ekonomi atau sosial.
      b. Usaha apa yang dilakukan oleh sekolahmu, atau RT/RW/Kepala Desa di wilayah tempat tinggalmu, untuk mengatasi masalah tersebut?
      c. Sebagai siswa SMA/SMK/MA, apa yang akan kamu lakukan untuk mendukung langkah sekolah atau RT/RW/Kepala Desa?
      Tuliskan jawabanmu minimal dalam 1.500 karakter, atau sekitar 300 kata.
    • Pertanyaan Esai 2: Kontribusiku untuk lingkungan!
      Jawab pertanyaan berikut:
      Bila kamu memiliki kesempatan untuk membuat perubahan positif di sekolah atau masyarakat sekitar, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan, aktivitas apa yang akan dilakukan?

      Pastikan jawabanmu mencakup beberapa poin berikut:
      1. Alasan mengapa aktivitas tersebut yang dipilih.
      2. Latar belakang permasalahan.
      3. Tujuan akhir dari aktivitas yang dipilih.
      4. Langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
      Deskripsikan jawabanmu minimal dalam 1.500 karakter, atau sekitar 300-400 kata. Ide yang diberikan bisa saja berkontribusi ke beberapa aspek sekaligus di masyarakat, misalnya aspek ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan. Namun, setiap ide wajib berkontribusi setidaknya terhadap aspek lingkungan.
      Berikan jawaban terbaikmu karena esai terbaik akan berkesempatan untuk mendapatkan dukungan dan bimbingan khusus dari para mentor (tim SCG, Alumni penerima beasiswa & Penerima beasiswa tingkat sarjana), hingga pada akhirnya bisa diwujudkan!

Baca Juga : Beasiswa S1 dan D3 dari APERTI BUMN

Cara Mendaftar Beasiswa SCG Sharing the Dream untuk Siswa/i SMA/Sederajat
  1. Untuk mendaftar Beasiswa SCG Sharing the Dream untuk siswa/i SMA/Sederajat, peserta dapat mengisi formulir pendaftaran online pada link berikut: http://www.scg.com/id/sharingthedream/. Pada menu Pendaftaran / tulisan Daftarkan Dirimu Sekarang, klik pada tulisan Beasiswa tingkat SMA.
  2. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 9 JUNI 2024.
  3. Siapkan data yang diperlukan sebelum mengisi formulir pendaftaran. Data yang mungkin perlu kamu siapkan terlebih dahulu adalah:
    • Nilai raport 2 semester terakhir
    • Data pekerjaan orang tua (pendapatan, alamat kantor orang tua)
    • Prestasi / kegiatan lainnya
    • Jawaban esai dari 2 pertanyaan yang disebutkan di atas
  4. Plagiasi dari internet atau mencontek jawaban adalah hal yang dilarang. Karena esai terbaik akan diimplementasikan, berikan jawaban esai sesuai kemampuan dan hasil pengamatanmu.
  5. Pihak SCG Indonesia akan mengadakan sesi tanya jawab online. Informasi jadwal akan diumumkan kemudian. Pantau informasinya pada Instagram @scg_indonesia.
Timeline Pendaftaran
  1. Batas akhir pendaftaran : 2 Juni 2024
  2. Pengumuman hasil seleksi tahap 1 : 21 Juni 2024
  3. Pengumpulan berkas (seleksi tahap 2) : 24 Juni – 8 Juli 2024
  4. Pengumuman nama-nama penerima beasiswa : 9 Agustus 2024

Baca Juga : Beasiswa Taruna di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

Program Beasiswa SCG Sharing the Dream untuk Mahasiswa S1/D4

Cakupan Beasiswa
  1. Dana pendidikan sampai dengan lulus kuliah atau semester 8 (tergantung mana yang tercapai lebih dulu).
  2. Berbagai kegiatan seru selama periode beasiswa, seperti aktivitas pengembangan diri dan bimbingan khusus bagi penerima beasiswa dengan esai terbaik.
Kategori Beasiswa untuk Mahasiswa S1/D4
  1. Jalur umum: Pernah menjadi penerima beasiswa Sharing the Dream saat SMA.
  2. Jalur anak pekerja bangunan: Tidak diwajibkan pernah menjadi penerima beasiswa Sharing the Dream saat SMA, namun wajib berasal dari Sukabumi atau Cianjur (dibuktikan dengan KTP).
Kriteria Umum
  1. Memiliki semangat berbagi kepada komunitas di sekitarnya, yang akan tercermin dalam esai pendaftaran beasiswa.
  2. Memiliki sensitivitas terhadap isu atau permasalahan yang terjadi di sekitarnya.
  3. Membutuhkan bantuan keuangan untuk melanjutkan pendidikan.
Persyaratan Khusus Beasiswa untuk Mahasiswa S1/D4
  1. Untuk pendaftar Beasiswa Jalur Umum:
    Pernah menjadi penerima beasiswa Sharing The Dream saat SMA.
  2. Untuk pendaftar Beasiswa Jalur Anak Pekerja Bangunan:
    Tidak diwajibkan pernah menjadi penerima beasiswa Sharing the Dream saat SMA, namun wajib berdomisili di wilayah Sukabumi atau Cianjur (dibuktikan dengan KTP) dan merupakan anak dari pekerja bangunan.
  3. Beasiswa ini dibuka untuk siswa kelas 12 SMA/sederajat; atau mahasiswa aktif jenjang D4 dan S1; atau lulusan SMA/MA/SMK yang akan melanjutkan kuliah.
  4. Nilai rata-rata rapor selama SMA/Sederajat adalah 75 (bagi siswa kelas 12 dan lulusan SMA/Sederajat); atau IPK minimal 3.00 (bagi mahasiswa aktif).
  5. Tidak pernah terlibat tindak kriminal (penyalahgunaan narkotika dan miras, pemalsuan, pelecehan seksual dan tindakan asusila lainnya, tawuran, serta tindak kekerasan).
  6. Mengikuti semua kegiatan yang akan diadakan oleh program Sharing the Dream.
  7. Memiliki prestasi akademis dan non-akademis yang baik, serta aktif dalam organisasi kemahasiswaan atau ekstrakurikuler lainnya.
  8. Mengisi formulir registrasi dengan lengkap (termasuk menjawab pertanyaan esai), dan mengikuti peraturan seleksi beasiswa. Esai terbaik akan diberikan bimbingan khusus untuk diimplementasikan.
    • Pertanyaan Esai: If you have 15 millions, what will you do to help the people around you?
      Jawaban akan dibagi ke dalam beberapa bagian:
      1. Judul
      Tuliskan judul aspirasi atau kegiatanmu (Write down the title of your aspiration or activity)
      2. Latar belakang permasalahan
      Masalah apa di lingkunganmu yang ingin kamu bantu? (Which problem around you that you aspire to help out?)
      3. Dokumentasi permasalahan
      Sertakan foto yang menggambarkan kondisi lingkunganmu saat ini. (Provide picture(s) that shows the condition of your community problem)
      4. Deskripsi program
      Apa solusi yang kamu tawarkan untuk membantu lingkunganmu? Apa yang ingin kamu capai?(What is your solution for the problem? What do you want to achieve with that solution?)
      5. Aktivitas kunci
      Apa saja yang akan kamu ambil langkah demi langkah untuk mencapai tujuanmu? (What are the steps that you will take to achieve the project’s goal?)
      6. Waktu perencanaan
      Bagaimana kamu mengatur waktu dalam mengambil langkah? (misalnya: bulan pertama mengumpulkan donasi, bulan kedua memberi kabar ke penerima, dst) (What is the timeline for your project? You can breakdown the time based on the above steps)
      7. Anggaran
      Untuk apa saja 15 juta tadi akan kamu gunakan? (How will you spend the 15 millions for project’s implementation?)
      8. Anggota tim
      Bila mendapatkan anggota tim, berapa jumlah yang kamu butuhkan dan apa saja peran mereka? (If you are allowed to have team members, how many do you need and what are their roles in this project)
Cara Mendaftar
  1. Untuk mendaftar Beasiswa SCG Sharing the Dream untuk Mahasiswa S1/D4, peserta dapat mengisi formulir pendaftaran online pada link berikut: https://www.scg.com/id/sharingthedream/. Pada menu Pendaftaran / tulisan Daftarkan Dirimu Sekarang, klik pada tulisan Beasiswa tingkat Sarjana.
  2. Batas waktu pendaftaran beasiswa sampai dengan 2 JUNI 2024.
  3. Siapkan data yang diperlukan sebelum mengisi formulir online. Data yang mungkin perlu kamu siapkan terlebih dahulu adalah:
    • Nilai raport selama SMA atau IPK terbaru
    • Data pekerjaan orang tua (pendapatan, alamat kantor orang tua)
    • Prestasi / kegiatan lainnya
    • Jawaban esai
  4. Plagiasi dari internet atau mencontek jawaban adalah hal yang dilarang. Karena esai terbaik akan diimplementasikan, berikan jawaban esai sesuai kemampuan dan hasil pengamatanmu.
  5. Pihak SCG Indonesia akan mengadakan sesi tanya jawab online. Pantau informasinya pada Instagram @scg_indonesia.
Timeline Pendaftaran
  1. Batas akhir pendaftaran : 2 Juni 2024
  2. Pengumuman hasil seleksi tahap 1 : 14 Juni 2024
  3. Pengumpulan berkas (seleksi tahap 2) : 18 – 28 Juni 2024
  4. Pengumuman hasil seleksi tahap 2 : 12 Juli 2024
  5. Persiapan seleksi wawancara : 15 – 26 Juli 2024
  6. Seleksi wawancara : 30 – 31 Juli 2024
  7. Pengumuman nama-nama penerima beasiswa : 9 Agustus 2024

Baca Juga : Beasiswa S1 Glow & Lovely Bintang Beasiswa

Kontak

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Sharing the Dream dapat menghubungi kontak berikut:
Email ke sharingthedream@ancorafoundation.org
Whatsapp ke nomor 081311220730
Instagram: @scg_indonesia
Sumber Website Resmi: https://www.scg.com/id/sharingthedream/

Silakan dibagikan pada teman-teman yang membutuhkan 🙂